People Innovation Excellence
 

OUTSYSTEMS DAN AI IN A BRIEF

OUTSYSTEMS DAN AI IN A BRIEF

Pada akhir tahun 2018, OutSystems, penyedia platform untuk pengembangan aplikasi berbasis lowcode, mengumumkan bahwa akan meluncurkan suatu program baru yang mendukung misi perusahaan dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan Machine Learning (AI/ML) untuk pengembangan perangkat lunak. Sebelumnya, apa itu AI dan AI/ML?

Artificial Intelligence disingkat AI adalah sebuah entitas cerdas secara ilmiah yang diciptakan oleh manusia. Entitas tersebut di tanamkan ke dalam sebuah mesin, sehingga membuat mesin tersebut seolah-olah mampu berpikir sendiri untuk mengambil sebuah keputusan. AI bisa dibilang bukan sebuah perangkat komputer, karena komputer hanya bisa mengambil keputusan dan menghasilkan fungsi-fungsi saat diarahkan penggunanya. Sedangkan AI atau kecerdasan buatan ini rupanya mampu menentukan sendiri keputusan apa yang akan di ambil berdasarkan pengalaman yang sudah direkam menjadi sebuah pengetahuan. Rekaman tersebut tersimpan pada database perangkat AI itu sendiri, dan kemudian diterapkan jika diperlukan. Adapun beberapa contoh AI yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti Google Search, Siri, dan Tesla Smart Car. (RSA, 2018).

Sedangkan, machine learning adalah sub bidang dari artificial intelligence (AI). Machine learning bertujuan untuk membawa kecerdasan buatan melalui belajar dari data. Data digunakan machine learning sebagai kode untuk komputasi tradisional. Cara lain untuk memperoleh kecerdasan dalam mesin bisa melalui pemrograman logis, penalaran induktif berdasarkan aturan dasar dan sebagainya. Dengan demikian machine learning dapat dianggap sebagai salah satu pendekatan menuju kecerdasan buatan. Berdasarkan sifat dari berbagai masalah yang ada dan kelimpahan data untuk masalah itu, wajar saja bahwa machine learning merupakan pendekatan untuk mencapai AI. Fakta bahwa korpus data sangat besar dan terus meningkat, sumber daya komputasi (mesin dan manusia) terbatas dan tidak mungkin untuk bekerja melalui pemrograman berbasis aturan telah mendorong pendekatan AI keseluruhan terhadap ML. (Teknologi.id, 2018).

Proyek ini memperkenalkan sebuah domain baru outsystems.ai, menghasilkan penunjukan pemimpin baru tim AI/ML OutSystems, dan meluncurkan riset baru dan lanjutan dalam pengembangan perangkat lunak yang dibantu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Proyek outsystems.ai merupakan kelanjutan kegiatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) perusahaan yang telah diumumkan sebelumnya, “Project Turing”.

Project Turing, diambil dari nama bapak teori ilmu komputer dan kecerdasan buatan, Alan Turing, mendirikan AI Center of Excellenc baru di Lisbon dengan menggunakan 20 persen dari keseluruhan anggaran riset dan pengembangan perusahaan untuk AI/ML, dan mengembangkan kemitraan dengan pakar industri, pemimpin teknologi, serta universitas untuk mendorong penelitian dan inovasi. Proyek outsystems.ai dipimpin oleh Antonio Alegria, seorang ahli di bidang teknik komputer dan machine learning, dan seorang yang berpengalaman dalam merancang dan membangun berbagai produk untuk memanfaatkan kecerdasan buatan.

Alegria, kepala tim AI OutSystems mengatakan Outsystems.ai merupakan wujud komitmen OutSystems dalam mengeksplorasi teknologi baru yang memperbaiki proses pengembangan perangkat lunak.

OutSystems juga mengumumkan Early Access Program (EAP) untuk pengembangan aplikasi baru proyek outsystems.ai, yaitu AI co-pilot, yang merupakan andalan pengembang untuk pengembangan yang lebih cepat dan intuitif. Peserta program ini akan mendapatkan akses awal ke riset terapan outsystems.ai yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi hingga 25 persen. Melalui penggunaan dan umpan balik, peserta EAP juga akan membantu OutSystems meningkatkan akurasi outsystems.ai dan mempengaruhi roadmap outsystems.ai ke depan.

Referensi:

RSA. (2018, Oktober 7). Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Beserta Sejarah, dan Contoh-Contoh AI. Retrieved from indoworx.com: https://www.indoworx.com/apa-itu-ai/

Teknologi.id. (2018, April 23). Machine Learning, Deep Learning dan Artificial Intelligence? Apa Perbedaan Ketiganya? Retrieved from teknologi.id: https://teknologi.id/insight/machine-learning-deep-learning-dan-artificial-intelligence-apa-perbedaan-ketiganya/

Sumber:

https://www.indotelko.com/read/1544151713/outsystems-program-ai


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close