People Innovation Excellence
 

Loading Data pada TIBCO Spotfire

Loading Data Overview

Pada TIBCO, kamu dapat memuat data ke dalam system internal TIBCO Spotfire dari berbagai sumber yang berbeda : dengan pasting dari clipboard, dengan dragging dan dropping atau membuka file simple text, file Microsoft Excel, file SAS, atau database atau link informasi. Kamu juga dapat memiliki akses ke sumber file tambahan yang telah diatur oleh perusahaan  sebelumnya.

TIBCO Spotfire juga mendukung koneksi ke sumber data eksternal, seperti Microsoft SQL Serve Analysis Services, Oracle, Teradata, dan lainnya. Ketika koneksi ke sumber data eksternal diatur dengan tabel data pada database, semua perhitungan dilakukan oleh sumber data eksternal dan bukan dilakukan oleh Spotfire. Kamu dapat menggunakan berbagai cara untuk memuat data melalui menu File atau menggunakan Add Data Tables. Dengan menggunakan Add Data Tables, kamu bisa menambahkan lebih dari satu tabel data ke analisis yang sedang dikerjakan.

Limiting What Data to Load

Ketika sumber data berisi sejumlah data yg besar, mungkin akan dibutuhkan waktu yang lama untuk mengambil semua data dan aplikasi dapat dianggap kurang responsive terhadap tindakan yang berbeda. Kamu juga dapat membatasi beberapa data dari pengguna tertentu. Ketika kamu mengerjakan  sesuatu dengan menggunakan link informasi atau koneksi data, maka dimungkinkan untuk membatasi data apa saja yang dapat dibuka dalam analisis yang berbeda dalam  berbagai cara yang berbeda (Kombinasi juga dimungkinkan) :

Method

Use when ?

Define where ?

On-Demand Data Table

Ketika user ingin data dalam analisisnya berubah secara dinamis dengan beberapa kondisi yang telah ditentukan.

CONTOH :

1. Saat menyiapkan visualisasi yang detail bergantung pada tanda atau filtering pada tabel data lain.

2. Saat user menginginkan satu link informasi untuk mengembalikan data yang berbeda untuk file analisis yang berbeda, dalam hal ini user bisa menggunakan on-demand tabel data sebagai satu-satunya tabel data dalam analisis.

 

On-demand tabel data ditambahkan ke analisis data user pada TIBCO Spotfire dengan memilih link informasi atau tabel data dari koneksi data di File >  Add Data Tables dan kemudian pilih check box sesuai Load on Demand.

NOTE :

User hanya bisa menentukan satu nilai tetap sebagai input untuk  on-demand loading, Jadi jika user perlu mengambil beberapa nilai dari kolom tertentu, user harus memastikan bahwa link informasi telah diatur untuk digunakan pada pilihan multiple bukan digunakan sebagai on-demand data table.

Details Visualizations Againts External Data Sources Ketika user melakukan analisis data dalam database menggunakan koneksi ke sumber data eksternal, user hanya memuat data yang diminta.

Dengan mengatur visualisasi berdasarkan pada data dalam database sebagai rincian visualisasi terbatas dengan menandai atau memfilter dalam master visualizations, user dapat memastikan bahwa data yang dimuat sebenarnya terbatas pada subbagian dari data yang tersedia saja.

Pastikan bahwa tabel data master dan tabel data di database terkait.

Klik kanan pada master visualizations dan pilih Create Details Visualizations. Atur details visualizations yang baru untuk menggunakan tabel data di database.

Prompted Information Links Ketika jumlah sumber data sangat besar, tetapi user terakhir pada link informasi diizinkan untuk menentukan data apa yang dibawa untuk dianalisis sendiri. Dalam beberapa kasus dapat diganti dengan tabel data on-demand. Prompts didefinisikan dalam information designer.
Personalized Information Links Ketika user ingin sumber data hanya mengembalikan informasi yang berlaku untuk nama user tertentu (melalui tabel pencarian) atau untuk grup tertentu atau user domain tertentu. Link informasi yang dipersonalisasi diatur pada filter atau kolom pada information designer menggunakan sintaks :

%CURRENT_USER%, %CURRENT_GROUPS% %CURRENT_USER_DOMAIN%

Parameterized Information Links Ketika user mau sumber data hanya mengembalikan informasi yang berlaku untuk user tertentu atau grup dengan cara yang lebih fleksibel daripada dengan link informasi yang dipersonalisasi.

Parameter dibuat pada information designer (Ex : sebagai bagian dari ekspresi yang ditetapkan pada kolom atau filter) tetapi  property dan definisinya menggunakan API.

Dengan menggunakan link informasi parameter dan blok konfigurasi, dimungkinkan untuk membuat analisis dengan arameter input yang berbeda (Untuk digunakan oleh tabel data berdasarkan on-demand) untuk grup pengguna yang berbeda.

Refrensi : https://docs.tibco.com/pub/spotfire/7.0.1/doc/html/load/load_loading_data_overview.htm


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close