School of Information Systems

Simple Bar Chart Visualization pada Tibco Spotfire X

  1. Pendahuluan

            Tibco Spotfire X adalah aplikasi data analytics yang dapat digunakan untuk menganalisa suatu data besar dalam sebuah organisasi, dengan menggunakan Spotfire X Analisa data akan menjadi semakin mudah dibandingkan dengan melakukanya dengan manual. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menganalisa suatu data pada Spotfire X menggunakan Simple Bar Chart atau grafik batang sederhana.

            Untuk persiapan, pengguna dapat mempersiapkan aplikasi Spotfire X dan data yang ingin dianalisa dengan ekstensi file yang compatible dengan Spotfire X seperti .xlsx untuk file Excel. Jika belum memiliki data dapat menggunakan contoh data berikut, dapat di download menggunakan link berikut : http://bit.ly/2ILSg2L

  1. Membuka File
  • Buka Spotfire, lakukan login kemudian pilih browse Local Files
  • Pilih file yang akan dibuka, kemudian pilih worksheet yang dituju, artikel ini akan memilih sheet Tibco Mega Mart untuk dijadikan contoh.

 

  • Setelah itu, pengguna dapat membuat visualisasi grafik dengan memilih menu visualization types seperti pada contoh berikut, kemudian pilih simple bar chart.

  • Setelah itu akan muncul menu pengaturan visualisasi pada tampilan berikut :

  • Dapat dilihat dari gambar diatas, terdapat menu untuk mengatur baris pada kolom baris (terdapat di atas kiri) dan untuk pengaturan kolom (terletak di bawah tengah).

  • Pada kolom pengaturan, dapat diganti sesuai dengan kebutuhan, pada contoh ini dapat dicoba untuk mengganti kategori Customer ID menjadi Electronics.

  • Pada pengaturan baris dan kolom juga dapat ditambahkan kategori baru sehingga dalam 1 kolom baris dapat menjelaskan informasi yang lebih memadahi, pada contoh ini akan mencoba menambahkan kategori gender pada kolom, sehingga organisasi dapat menganalisa jumlah penjualan elektronik pada kota kota yang ada berdasarkan gender pembeli pada masing masing toko, contoh dapat dilihat seperti dibawah ini :

Pilih simbol + pada pengaturan kolom yang terletak di tengah bawah dan pilih kategori gender.

  • Jika menambahkan kolom ke 3 untuk analisa akan terjadi seperti berikut :

  1. Kesimpulan

            Selain grafik batang, Spotfire X juga dapat melakukan berbagai penyajian dan visualisasi data lainnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Alvian Shanardi Wijaya