People Innovation Excellence
 

Trellising Pada TIBCO Spotfire X

Trellising artinya adalah memisahkan suatu sub-set data untuk memudahkan analisa dan perbandingan. Misal, memisahkan data antara pelanggan berkelamin wanita dan laki-laki untuk melihat perbedaan pembelian yang dilakukan.

  1. Buka Spotfire, lakukan login kemudian pilih browse Local Files.
  2. Pilih file yang akan dibuka, kemudian pilih worksheet yang dituju, artikel ini akan memilih sheet Tibco Mega Mart untuk dijadikan contoh.
  3. Setelah itu, pengguna dapat membuat visualisasi grafik dengan memilih menu visualization types seperti pada contoh berikut, kemudian pilih simple bar chart.
  4. Setelah itu, pilih visualization types kemudian pilih simple bar chart.
  5. Pada Row Count (Pengaturan baris yang terletak di sisi kiri atas), ubah menjadi sum(Groceries).
  6. Tambahkan kolom :sum(Garden) dan sum(Clothing).
  7. Pada Data Panel Drag and drop Gender pada grafik Bar chart dan suatu menu akan muncul, seperti dibawah ini. Drop gender pada Horizontal Trellis Axis.
  8. Lihat bahwa Bar chart akan terbagi menjadi 2 secara horizontal dengan value axis diubah menjadi maksimum.
  9. Setelah Bar Chart telah dibagi, kita akan mencoba untuk membagi lagi berdasarkan Departement Shopped.
  10. Pada Data Panel, pilih Number > Department Shopped. Drag & Drop Department Shopped pada grafik Bar chart lalu Drop Department Shopped pada Vertical Trellis Axis.
  11. Bisa dilihat bahwa Bar Chart sudah terbagi menjadi Jenis barang yang dibeli (Groceries, Garden, Clothing) per Lokasi, untuk setiap Gender
  12. Bisa dilihat juga kalau, ada data pada department yang berjumlah sedikit. (Scroll kebawah untuk melihat total data untuk department).
  13. Block semua Bar chart yang memiliki jumlah sedikit. (Bar Chart yang dipilih akan ditandai saat mouse dilepas)
  14. Klik Kanan pada area yang telah ditandai, lalu pilih Marked Rows > Filter Out. (Data yang ditampilkan sekarang hanyalah data yang tidak di filter-out).
  15. Rapihkan Bar Chart dengan cara membuka Properties View dengan Klik Kanan pada Bar Chart dan pilih Properties. Pilih Radio Button Multiple Scale, lalu tutup.
  16. Berikut adalah tampilah Trellis.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close