People Innovation Excellence
 

Binning Pada TIBCO Spotfire X

Binning adalah cara untuk mengelompokkan suatu data ke dalam jumlah yang lebih kecil pada “bins”. Contohnya : jika Anda memiliki data mengenai sekelompok orang yang memiliki berbagai macam usia, Anda mungkin ingin mengatur usia mereka kedalam interval usia yang lebih sedikit, kamu dapat menggunakan metode binning pada TIBCO Spotfire untuk mengecilkan spesifikasi usia pada anggota kelompok tersebut.

Terdapat juga opsi lain dalam mengelompokkan data-data yang sudah dikategorikan ke dalam “bins”. Metode ini sangat membantu ketika Anda memiliki banyak kategori data dalam kolom daripada yang seharusnya dibutuhkan, sehingga Anda dpat menyederhanakannya melalui ini.

Metode binning ini juga dapat digunakan dalam mengelompokkan data atau value yang terdapat kesalahan ejaan atau terjadi kesalahan lainnya. Contohnya : jika kolom berisi value seperti “apple” dan “appel” atau “UK” dan “United Kingdom”, Anda bisa mengelompokkan nilai ini ke dalam bins.

Macam – Macam Metode Binning :

  1. Binning Continuous Data

Table data berisi mengenai informasi tentang sejumlah orang.

Dengan dilakukannya binning terhadap umur dari orang-orang tersebut kedalam kolom yang baru, data data dapat divisualisasikan untuk kelompok umur yang berbeda dan bukan untuk masing-masing individu.

  1. Binning Categorical Data

Diagram lingkaran dibawah ini menunjukkan penjualan dari apples, limes, orange dan pears.

Pada diagram lingkaran dibawah ini, limes and orange sudah dikelompokkan kedalam bin yang disebut “Citrus”.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close