School of Information Systems

3 LEADING ENTERPRISE LOW-CODE APP DEVELOPMENT PLATFORMS IN COMPARASION

Didukung perkembangan teknologi yang semakin pesat, semakin banyak pula inovasi-inovasi pada dunia teknologi. Merupakan rahasia publik, bahwa dewasa ini banyak perusahaan pengembangan aplikasi bersaing dalam memenangkan hati masyarakat. Salah satu proyek perusahaan ini ialah bersaing dalam memenuhi permintaan publik akan aplikasi non-pemograman yang dapat dijalankan oleh masyarakat awam.

Banyak istilah terhadap teknologi ini, seperti, rapid-application development (RAD), low-code dan no-code technology. Teknologi – teknologi ini biasanya menekankan pada fungsionalitas aplikasi seperti pengembangan berbasis model, point-and-click programming, drag-and-drop composability, wizard-based workflows, dan teknik lainnya.

Forrester Research Inc. menggunakan istilah low-code terhadap teknologi terbaru ini, sedangkan Gartner Inc. menterminologikan teknologi tersebut dengan Enterprise High-Productivity Application Platform as a Service (hpaPaaS). Dalam riset yang dilakukan oleh kedua perusahaan, disebutkan beberapa leading companies yang mengembangkan low-code enterprise platform yakni: Salesforce.com Inc, Outsystems Inc., dan Mendix Inc. Berikut adalah perbandingan dari tiga platform low-code ini: (Ramel, 2017)

  1. Salesforce.com

Salesforce memulai kariernya sebagai vendor perangkat lunak CRM (Force.com). Namun guna meningkatkan kualitas pada tahun 2014 Salesforce mulai memperkenalkan diri sebagai perusahaan pengembangan Customer Success Platform.

“Force.com adalah satu-satunya platform yang memungkinkan Anda membangun aplikasi perusahaan yang kuat tanpa menulis sederet kode,” klaim Salesforce. “Anda dapat membuat aplikasi dengan drag- and drop komponen ke dalam Lightning App Builder. Mengotomatiskan proses bisnis dengan Lightning Process Builder dan memodifikasi hubungan objek data Anda dengan Schema Builder.”

Dengan semua produk dan layanan ini serta layanan tambahan di bawah platform App Cloud Mobile, Salesforce mengatakan bahwa platform menyediakan:

  • Keamanan: Fitur identitas dan keamanan bawaan termasuk identitas pengguna, otentikasi dua faktor, basis data offline terenkripsi, dan kebijakan keamanan transaksi untuk memastikan penggunaan yang aman tanpa memengaruhi pengalaman pengguna.
  • Integrasi Data: Dengan mudah menghadirkan data kontekstual yang kaya ke aplikasi seluler apa pun dari sumber data apa pun seperti basis data Oracle, SQL Server, SAP, dll. – apakah itu menggunakan pola integrasi titik dan klik berbasis referensi ke sistem perusahaan yang ada atau streaming data acara dari perangkat yang terhubung pada skala – semua dengan kepercayaan dari Salesforce dan REST API yang seragam dan konsisten.
  • Skalabilitas: App Cloud Mobile menawarkan skalabilitas besar berdasarkan infrastruktur elastis dan multi-tenant. Dengan hanya beberapa klik, tim TI sekarang dapat menyebarkan aplikasi seluler ke ribuan karyawan dan jutaan konsumen di seluruh dunia.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan mengatakan “Dengan memberdayakan pengembang warga di setiap bagian dari bisnis, mereka semua memodifikasi dan mengadaptasi pekerjaan mereka sendiri daripada menunggu inovasi diturunkan, perubahan akan terjadi secara konstan dan lancar daripada dalam kesulitan yang tidak nyaman Revolusi low-code benar-benar mempengaruhi laju perubahan dan menjadikan setiap orang menjadi aktif. “

  1. OutSystems

Dibadingkan dengan Salesforce yang melakukan pendekatan bertahap, OutSystem, perusahaan yang berbasis di Atlanta ini memberikan publik pendekatan secara menyeluruh dalam low-code dalam platform OutSystems 10. OutSystem memberikan developers dapat menentukan model data, logika bisnis, proses alur kerja, dan UI baik untuk aplikasi seluler maupun web.

Perusahaan ini menekankan pada fungsionalitas offline dan akses ke fungsionalitas perangkat asli. OutSystem tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan drag-and-drop komponen, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk melakukan personalisasi pada Bahasa pemrograman seperti C#, Java, SQL, HTML, CSS, dan JavaScript.

Outsystem mengklaim bahwa sistemnya dapat diintegrasikan dengan sistem apa saja dan aplikasi dapat digunakan secara mudah dengan konsep one-click.

  1. Mendix

Mendix menekankan kemampuan pengembangan kolaboratif dari namesake platform, yang menyediakan penciptaan model data, logika, dan UI berbasis model, prototyping berbasis web yang cepat, dan Halaman editor WYSIWYG. Perusahaan mengklaim bahwa kolabiorasi tersebut berperan dalam interaksi sosial, manajemen proyek yang gesit, pengembangan tim, dan manajemen feedback.

Seperti OutSystems, Mendix juga mengaplikasikan “keterbukaan,” dengan standar terbuka (termasuk platform Cloud Foundry), model terbuka dan data terbuka (OData, SQL). Mendix juga menyediakan API untuk ekstensi platform dan aplikasi dapat ditulis secara personal menggunakan JavaScript, Java, dan Scala. Terdapat pula kerangka UI adalah yang menggunakan open source dan di-host di GitHub.

Platform Mendix menyediakan tema siap pakai, tata letak navigasi, templat halaman, dan elemen desain.Perusahaan mendaftarkan lima prinsip berikut yang dirancang untuk platformnya:

  • Membutuhkan waktu yang singkat, sehingga waktu tersebut dapat dialokasikan untuk kegiatan lain
  • Membuat aplikasi yang melebihi ekspetasi pengguna
  • Meminimalisir kontrol yang tidak perlu
  • Keterbukaan di setiap level.
  • Wawasan baru akan smart apps

Referensi ke Smart Apps berkaitan dengan aplikasi multi-channel modern yang dikembangkan di zaman Big Data, Internet of Things (IoT) dan pembelajaran mesin. Daripada hanya menunggu masukan dari pengguna, Smart Apps, kata perusahaan, adalah: cerdas (mereka memberikan rekomendasi dan panduan kepada pengguna); proaktif (mereka memprediksi acara mendatang dan memicu alur kerja yang memandu pengguna); dan kontekstual (dipersonalisasi, sadar lokasi, dan tertanam dalam proses pengguna).

General Info Outsystems is the fastest and most comprehensive way to create, deploy, change, and manage custom mobile and web application. Mendix is an IT management software app that helps government agencies, institutions, and enterprises achieve their digital goals A platform-as-a-service (Paas) that enables developers to create and deploy cloud apps
Price Starts from S2.100 annually Starts from $1.875 monthly Starts from $25/user/month
Features ·     Full access control and permission management

·     Real-time monitoring of all application usage & performance

·     Realtime reporting of full access control and permission management

·     Real-time monitoring of all applications usage & performance

·     Real-time reporting of all application usage & performance

·     Native support for agile development

·     Suited for custom application development

·     Support entire app development life-cycle

·     Complete DevOps automation

·     Full access control & permission management

·     Many more

·      Centralized app governance

·      Drag & drop forms builder

·      Enterprise integration

·      Model-driven development

·      Multi-channel, multi-device

·      Public/private app stores

·      Lightning

·      Integration service

·      AI service

·      Process automation

·      Developers tools

·      Trusted cloud

·      Mobile services

Language English English English
Pricing info Free

·         Less than 100 user capacity

·         Limited scalability

·         1 environment

·         Shared outsystems cloud

·         Community support

One (Starts S2.100)

·         Scalable application capacity

·         User capacity starts at 100

·         Limited scalability

·         3 Environments (dev/test/prod)

·         On-premises/ private/ public/hybrid cloud deployment options

·         24/7 support

·         Customer success service

Enterprise (Starts S4.600)

·         Unlimited capacity

·         User capacity up to millions

·         Unlimited scalability

·         3+ environments

·         Dedicated OutSystems cloud

·         On-premises/ private/ public/hybrid cloud deployment options

·         24/7 support

·         Customer success service

Community Edition – Free

·  Public Mendix cloud

·  Community Support

Single App Edition (Starts S1.875)

·  1 Application

·  Public mendix cloud

·  99.50% uptime guarantee

·  Gold support

·  Automated backups

Pro Edition (Starts $5.375)

·   Unlimited number of applications

·  Includes all features of the single app edition

Enterprise Edition (Starts $7.825)

·  Includes all features of the pro edition

·  On premise

·  Private cloud

·  Platinum support

·  Failover

·  Support for continuous integration and development

·  Horizontal scaling

Lightning Platform Starter Plan ($25)

·      10 custom apps

·      Process builder

·      Workflow and approval automation

·      Lightning app builder

·      AppExchange

·      Component Framework

Lightning Platform Plus Plan ($100)

·      110 custom apps

·      All features of the Lightning Platform Starter Plan

Platform Unlimited Plan (N/A)

·      2000 custom apps

·      All features of the Lightning Platform Plus Plan

·      Heroku

·      Einstein Platform Services

Prominent Clients Liberty Insurance

AXA

Safeway

Bacardi

Merck

University of Pennsylvania

Sprint

ING

GE

Brown-Forman

Crossmark

Philips Healthcare

Integrations Facebook, Twitter, LinkedIn, Salesforce, ZenDesk, PayPal, Twillio, Quickbooks, UPS, Okta, Box, DropBox, Amazon EC2, Google Drive, SAP and many more GitHub, Lync Online, Microsoft Excel, Saleforce App Cloud, SAP CRM On Demand, Skype, Tableau Software, Open OData Salesforce offers robust APIs and tools to minimize integration time and enhance the capabilities of back-office systems. You can use them to link various systems – data that resides in external HR, supply chain, and ERP products, or on-premise solution such as Microsoft, Oracle, and Sap – to create unified view of your buyers
Available Devices Windows

Linux

Android
Iphone / IPad

MAC

Web-Based

Windows

Linux

Android
Iphone / IPad

Web-Based

Windows Mobile

Window

MAC

Web-based

Company Size Large Enterprises

Medium Business

Large Enterprises

Medium Business

Small business

Large business

Medium business

Sumber

Ramel, D. (2017, May 19). 3 Leading Enterprise Low-Code App Development Platforms Compared. Retrieved from ADTMag: https://adtmag.com/blogs/dev-watch/2017/05/low-code-tools.aspx

 https://comparisons.financesonline.com/outsystems-platform-vs-mendix

Inggried Kurniawan