People Innovation Excellence
 

Mengetahui Elemen Utama Dalam IoT

Mengetahui Elemen Utama Dalam IoT

Oleh : Adam Fahsyah Nurzaman

Peran internet of things (IoT) dalam mewujudkan konsep smart city sangatlah vital. Perangkat IoT mampu mengirim informasi dan melakukan tindak lanjut melalui jaringan dengan campur tangan manusia yang minimal, sehingga mampu melakukan beragam fungsi secara otomatis.

Menurut Solution Architect Ericsson Indonesia, Hilman Halim, untuk operasional perangkat IoT hanya memerlukan tiga elemen utama, yakni :

  1. Perangkat Fisik (Hardware)
  2. Jaringan Internet (Networking)
  3. Aplikasi (Software)

Untuk lebih jelas nya, mari kita bahas satu-satu untuk lebih mengenal dan mengetahui Elemen Utama dalam IoT.

  • Perangkat Fisik (Hardware)

Perangkat Fisik dapat diartikan sebagai segala piranti atau komponen yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Biasanya perangkat fisik dalam elemen IoT dapat diartikan sebagai perangkat yang nantinya dapat berinteraksi langsung dengan manusia sebagai pengguna ataupun perangkat yang nantinya dapat mempermudah manusia dalam kegunaan nya. Menurut Sunarto S.Kom, Perangkat Fisik adalah perangkat pendukung EDPS (Elektronik Data Processing System) yang dapat disentuh dan dirasakan.

  • Jaringan Internet (Networking)

Jaringan Internet atau Networking dapat diartikan sebagai suatu gabungan sebuah jaringan dua atau lebih perangkat yang ada di seluruh dunia dan bisa dibilang merupakan suatu rangkaian perangkat yang terbesar di dunia. Dalam Elemen IoT, Jaringan internet diasumsikan sebagai penghubung antar perangkat yang nantinya dapat berinteraksi satu sama lain. Jaringan internet di rangkai sedemikian rupa agar ketika nantinya ketika menghubungkan sesama perangkat dapat membedakan perangkat satu sama lain nya. Jaringan internet membedekan perangkat satu dengan yang lain nya dari Alamat yang diberikan oleh perangkat tersebut. Dalam konsep IoT, Setiap perangkat akan memiliki alamat nya masing masing dan berbeda satu sama lain nya. Itulah yang menjadi kunci untuk menghubungkan di dalam jaringan internet.

  • Aplikasi (Software)

Menurut Nazrudin Safaat H, Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan perangkat keras untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Dalam Konsep IoT, Fungsi dari Aplikasi ialah sebagai Motorik / Receiver bagi perangkat fisik dalam melakukan tugasnya. Aplikasi dapat memberi dan menerima suatu signal dari jaringan internet dan mengirimkan kembali ke perangkat fisik lain nya untuk melakukan apa yang harus di lakukan. Aplikasi tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan jaringan internet. Aplikasi dalam IoT juga berperan sebagai interface kepada manusia yang menggunakan perangkat IoT. Karena aplikasi dibentuk untuk menghubungkan manusia dengan perangkat fisik. Dan aplikasi pula yang mengubah Bahasa pengertian manusia menjadi Bahasa yang dimengerti oleh perangkat fisik.

Sources :

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-jaringan-internet-dan-tujuannya/

https://id.techinasia.com/apa-itu-smart-city-dan-penerapan-di-indonesia

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close