People Innovation Excellence
 

E-Money Sebagai Pembayaran Masa Kini Dan Masa Depan di Indonesia

Apakah itu e-money? Ya, e-Money merupakan salah satu bentuk uang digital, dimana e-money berfungsi untuk memindahkan data saldo uang yang terkandung pada e-money kita ke komputer atau sistem informasi penjualan, sehingga barang yang kita inginkan terbeli tanpa mengeluarkan tambahan uang cash. E-money yang sering kita gunakan saat ini adalah go-pay, ovo, t-cash dan lain-lain.

E-money sendiri dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : prepaid software (digital cash), merupakan e-money yang nilainya tersimpan dalam hard disk didalam sebuah PC. Untuk pemindahan dananya melalui jaringan internet. Kemudian prepaid cash (electronic purses), e-money yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang di tanamkan pada sebuah kartu. Contohnya yaitu FLAZZ BCA, Mandiri e-money , Brizzi, dan BNI prepaid. Saat ini baru sekitar 36 % dari masyarakat indonesia yang telah memiliki rekening di bank dan hanya 10 % yang melakukan adopsi transaksi non tunai. Lembaga survei jakpat (2016) merilis persentasi pengguna layanan pembayaran elektronik, yaitu : mandiri e-money (43,8 % ) , BCA flazz ( 39,1 % ) , Telkomsel T-Cash ( 29,1 %) dan Go-pay ( 27,1 % ). Data jumlah uang elektronik yang beredar tahun 2018 :Januari 97.163.539, February 103.707.405, Maret 109.775.772, April 113.837.552, Mei 118.650.970, Juni 125.182.806, Juli 131.806.962, Agustus 135.812.593, September 142.477.296 (Sumber www.bi.go.id diakses tanggal 15 november 2018) .

Dari data-data yang ada, membuktikan bahwa e-money akan terus berkembang pesat di Indonesia pada masa sekarang, bahkan akan menjadi alat pembayaran di masa depan. Apa yang menjadi kelebihan dari e-money? Pertama penggunaan e-money dapat meningkatkan efisiensi, jadi kita tidak perlu khawatir dengan adanya uang palsu dalam setiap transaksi, karena hasil pembayaran uang akan masuk secara langsung masuk pada rekening yang terhubung saat transaksi dan kita tidak perlu menunggu lama untuk menunggu kembalian sehingga dengan adanya e-money dapat menghemat waktu, tenaga dan pikiran. Yang kedua, penggunaan e-money adalah mudah dan aman, dengan menggunakan e-money dalam bertransaksi, kita tidak perlu memeriksa, membuka dompet dan hal-hal lain yang membuat pembayaran menjadi rumit, apalagi kalua kita ketinggalan dompet. E-money tidak perlu diragukan lagi keamanannya karena e-money merupakan kebijakan yang dibuat oleh Bank Indonesia yang sangat efektif untuk menekan tindakan kriminal. E-money membuat kita tidak perlu membawa uang cash yang banyak sehingga dapat mengurangi tindakan kriminal dan kita tidak perlu lagi khawatir jika tidak membawa dompet saat bepergian.

Referensi :

https://haluanpos.com/e-money-uang-masa-depan/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close