People Innovation Excellence
 

Fintech dan UMKM

Pada zaman serba teknologi sekarang ini, berbagai aspek kehidupan sudah memanfaatkan penggunaan ilmu teknologi, salah satunya dalam bidang financial atau biasa disebut dengan financial technology. Financial technology atau biasa dikenal sebagai fintech pada zaman sekarang ini sedang marak berkembang. Terbukti dengan muncul banyaknya e-wallet dan payment gateway seperti OVO, Gopay dan banyak lagi. Melihat perkembangan fintech sekarang ini apakah dapat mempengaruhi UMKM?

            Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani Financial Technology di Indonesia dapat menjadi solusi untuk menjembatani kesenjangan ekonomi yang dirasakan oleh pelaku usaha menengah kecil mikro (UMKM) di daerah yang belum terjamah perbankan. “Presiden, sudah sangat jelas berkomitmen terhadap keberadaan Fintech di tanah air. Untuk itu pemerintah akan membuat kerangka aturan agar teknologi ini bisa menjadi kekuatan menumbuhkan ekonomi Indonesia. Pada akhirnya bisa memberantas kemiskinan,” imbuh mantan Direktur Bank Dunia itu. Selain itu dengan semakin maraknya startup di bidang Fintech yang memberikan jasa keuangan hingga pelosok negeri akan mampu melahirkan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat terutama di wilayah pedesaan. Amartha adalah salah satu perusahaan FinTech yang telah menyalurkan dana sebesar lebih dari Rp 61 milyar kepada lebih dari 30.000 para wirausaha mikro yang tersebar di pelosok Jawa Barat. Sejak lahir pada 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Amartha berkomitmen untuk mewujudkan ekonomi inklusif.

            Selain itu, dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 132 juta orang, pengguna handphone sebanyak 371 orang dan pengguna aktif social media mencapai 106 juta orang. Hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong perkembangan fintech di Indonesia dan memberikan peluang yang sangat menjanjikan bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan technologi ini dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya. Oleh karena itu, agar tidak terjadi pergeseran trend saat ini yang mengarah kepada era digitalisasi modern maka para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan fintech dalam usahanya agar mampu bersaing di dunia secara global.

Sumber:

https://blog.amartha.com/sri-mulyani-fintech-solusi-membantu-pelaku-ukm/

https://www.depokpos.com/arsip/2018/01/optimalisasi-fintech-dalam-mendukung-pembangunan-umkm-di-indonesia/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close