People Innovation Excellence
 

Pentingnya Teknologi Pengelolaan Data di Era Revolusi Industri 4.0

Pentingnya Teknologi Pengelolaan Data di Era Revolusi Industri 4.0

Created by : Willy Kristian

Indonesia kini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 seiring peluncuran Roadmap “Making Indonesia 4.0” yangsecara resmi disampaikan Kementerian Perindustrian dengan salah satu inisiatif lintas sektornya, yakni pembangunan infrastruktur digital nasional.

Industri di Indonesia pun harus bersiap menghadapi momen yang lekat hubungannya dengan era digital tersebut. Satu hal kunci yang harus selalu ditingkatkan oleh setiap industri adalah kemampuan manajemen data yang aman dan tepat, sesuai aturan yang berlaku.

Guna semakin meningkatkan kemampuan itu, tak hanya diperlukan pengembangan kemampuan dari pihak pekerja IT. Diperlukan pula teknologi yang mendukung pengembangan manajemen data tersebut. Salah satu teknologi yang paling cepat perkembangannya di dunia adalah komputasi cloud. Saat ini banyak industri yang beralih ke Cloud guna meningkatkan fleksibilitas dan melakukan inovasi secara lebih cepat. Pesatnya perkembangan teknologi Cloud seolah menyatakan bahwa 2019 merupakan tahun Cloud. Dengan teknologi tersebut, manajemen data akan semakin aman dengan tetap menganut prinsip kepatuhan dalam pengembangan bisnis. Tanpa teknologi cloud, kemungkinan industri akan semakin tertinggal jauh dari mereka yang menggunakan teknologi itu. Tanpa cloud, akan sulit untuk melakukan manajemen data dan berinovasi lebih jauh.

Contoh dari penggunaan Cloud dalam mendukung revolusi industry 4.0 adalah Teknologi Hybrid Cloud : Azure Stack dari Microsoft. Seiring perkembangan zaman, cloud pun semakin canggih. Kini telah hadir hybrid cloud dari Microsoft sebagai komitmen guna mendukung industri untuk memulai transformasi digital melalui teknologi yang dinamakan Azure Stack.

Teknologi hybrid cloud Azure Stack itu memang memiliki berbagai keunggulan, yakni:

  • Productive – Teknologi hybrid cloud memungkinkan industri untuk lebih produktif karena implementasi cloud mendorong untuk terus bereksprerimen dan berinovasi
  • Consistent – Satu-satunya hybrid cloud yang konsisten, menawarkan solusi manajemen data yang aman namun tetap menganut prinsip kepatuhan terhadap regulasi
  • Intelligent – Memberikan layanan platform AI untuk setiap developer dan setiap skenario
  • Trusted – Memiliki lebih banyak sertifikasi, baik berskala global, industri, maupun regional

Keempat keunggulan itu meungkinkan bisnis untuk menerapkan intelligent cloud. Hal itu tentunya menawarkan berbagai solusi kepada industri untuk melakukan manajemen data yang aman dengan tetap menganut prinsip kepatuhan dalam pengembangan bisnis. Selain itu, Azure Stack menawarkan pengalaman cloud paling konsisten berupa hybrid yang merupakan lintas infrastruktur digital, aplikasi, dan data untuk memungkinkan dilakukannya inovasi aplikasi. Hal itu jelas merupakan semacam game changer bagi industri atau organisasi yang terikat dengan peraturan industri, permasalahan laten, atau konektivitas. Selain itu, Microsoft Azure Stack juga merupakan platform hybrid cloud yang aman dan sesuai aturan.

Salah satu contoh keberhasilan penerapan Teknologi Hybrid Cloud di Indonesia adalah ketika penyelenggaraan Asian Games 2018 Agustus lalu yang diselanggarakan oleh Asian Games Organizing Committee (INASGOC).

Pesta olah raga terbesar se-Asia itu menjadi studi kasus tentang bagaimana teknologi hybrid cloud Azure Stack berkontribusi dalam keberhasilan Asian Games. Berkat teknologi tersebut, tim IT Asian Games 2018 yang terdiri dari 27 tenaga ahli dari berbagai asosiasi dan komunitas IT, dan dibantu relawan IT mampu melaksanakan tugas untuk mengamankan sistem informasi selama acara  berlangsung. Dalam acara itu, Microsoft melalui Azure mampu menyediakan sistem komputasi cloud untuk menangani trafik data dan diseminasi informasi secara sistematis dan andal. Asian Games 2018 pun menjadi pertama kali dalam sejarah yang menerapkan komputasi cloud. Keberhasilan sistem tersebut pun membuktikan kemampuan Microsoft Azure menjalankan tanggung jawabnya.

Reference :


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close