School of Information Systems

OVO dalam Layanan Pembayaran Mobile

OVO adalah sebuah aplikasi smart yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash). Para pengguna OVO juga bisa berkesempatan untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan transaksi pembayaran melalui OVO.

        Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO. Aplikasi OVO saat ini tersedia untuk platform Android dan iOS.

        Layanan ini terbagi ke dalam dua kategori pengguna, OVO Club (pengguna biasa) dan OVO Premier. Pembedanya adalah pada OVO Point yang didapat untuk setiap perolehan transaksi, maksimal saldo OVO Cash dan juga beberapa fitur lainnya. Di versi premium, pengguna diberikan akses untuk fitur pengelolaan pengeluaran. Selain itu ada kemudahan transfer nominal uang yang ditawarkan dalam aplikasi.

        Visi e-money dalam aplikasi OVO adalah berusaha menjadi keuangan yang bekerja berkesinambungan alah satu yang turut ditawarkan adalah sistem e-money. Model uang elektronik memang sedang naik daun dewasa ini di kalangan pengguna perangkat mobile Indonesia. Berbagai bentuk sistem e-money ditawarkan. Pada aplikasi OVO, terdapat OVO Cash yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi keuangan.

        Direktur OVO, Harianto Gunawan memaparkan, kerja sama yang dijalin antara OVO dengan Grab dan Tokopedia telah menjadikan OVO sebagai platform pembayaran digital pertama di Indonesia yang diterima di jaringan ritel, warung, e-commerce, hingga jasa online dan on-demand, dengan lebih dari 500.000 gerai offline ( (Herman, 2018).

        Pada tahun 2018 OVO sudah hadir di 303 kota di seluruh Indonesia, dan menjangkau 93 persen kabupaten di Indonesia. Bahkan menurut Harianto, 77 persen pengguna OVO di luar Jabodetabek. Saat ini aplikasi OVO juga sudah hadir di 115 juta perangkat, di mana pengguna aktif bulanannya (monthly active user) mencapai 80 juta.

        Untuk mengantisipasi pertumbuhan yang lebih pesat di 2019, OVO juga akan terus memperluas kemitraannya dengan partner lain di dalam lingkup teknologi dan ritel. OVO juga akan memperkuat layanan keuangan untuk menjawab kebutuhan para merchants dan pelanggan, tidak hanya sekedar menjadi alat pembayaran digital.

REFRENCE

Herman. (2018, Desember 20). Baru Setahun, Volume Transaksi OVO Lampaui Angka 1 Miliar. Retrieved from BERITA SATU: https://www.beritasatu.com/digital/528879-baru-setahun-volume-transaksi-ovo-lampaui-angka-1-miliar.html

Annisa Safira Braza