School of Information Systems

#GantiDompet dengan DANA

Trend sistem pembayaran digital meningkatkan cukup pesat akhir-akhir ini. Banyak berbagai macam perusahaan yang mengembangkan platform pembayaran digital, termasuk DANA salah satunya. Apa itu DANA? DANA atau Dompet Digital Indonesia merupakan layanan pembayaran digital berbasis aplikasi, yang mana aplikasinya telah tersedia untuk platform Android melalui Google Play Store maupun platform iOS melalui App Store. DANA dinahkodai oleh Vincent Henry Iswaratioso, Country Head Alipay Indonesia yang sebelumnya juga menjabat sebagai co-founder dari layanan payment digital INDOMOG. Sebelum resmi diperkenalkan dengan nama DANA, tersiar kabar bahwa startup ini merupakan perusahaan patungan antara Ant Financial (Alipay) dengan EMTEK. Meskipun mengadopsi teknologi dari Ant Financial, namun investor utama DANA merupakan perusahaan Indonesia, yakni grup EMTEK.

Sistem pembayaran cashless memang masih membawa beberapa tantangan, terutama bagi pemangku kebijakan. Namun meskipun demikian, ternyata tren ini terus meningkat dibuktikan dengan peningkatan transaksi melalui kartu kredit dan debit. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari beberapa kemudahan yang ditawarkannya, seperti kecepatan transaksi dan dapat diaplikasikan pada semua jenis transaksi, terutama transaksi kecil namun memiliki intensitas besar seperti parkir, fast food, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna melakukan berbagai macam transaksi pembayaran, dari mulai untuk membeli pulsa, membayar tagihan (listrik, telepon, air hingga BPJS), membeli voucher Google Play, membayar cicilan, dan berbelanja secara online.

Bersaing dengan beberapa platform serupa, platform DANA menawarkan beberapa keunggulan, termasuk salah satunya adalah layanan dan dukungan transaksi yang sangat lengkap di dalamnya. Platform buatan EDIK ini juga menjamin setiap penggunanya dapat bertransaksi secara aman dan terpercaya, dengan menggunakan teknologi keamanan kelas dunia dan sistem jaringan yang diawasi selama 24 jam. Bahkan menariknya, platform pembayaran digital buatan asli Indonesia ini juga menjamin para penggunanya dengan garansi uang kembali jika terjadi kesalahan pada saat pengguna sedang bertransaksi.

Referensi :

https://id.techinasia.com/peluncuran-dana-payment-open-platform

Annisa Safira Braza