People Innovation Excellence
 

Near Field Communication

Pada hari-hari ini teknologi sudah banyak berkembang dan teknologi tersebut bertujuan untuk membuat kehidupan manusia lebih mudah. Salah satu teknologi yang sering kita pakai dan bawa kemana-mana adalah SmartPhone. Di cina, hampir banyak transaksi dilakukan menggunakan smartphone sebagai dompet eletronik, masyarakat hanya perlu melakukan tapping dengan smartphone mereka untuk melakukan transaksi. Teknologi dimana suatu perangkat dapat mengirimkan data secara wireless dengang mudah. Teknologi ini bernama NFC.

            NFC (Near Field Communication) adalah kelanjutan dari RFID (Radio-Frequency Identification) pertama dicetuskan pada tahun 2002 dan pada akhirnya dapat dibilang popular pada tahun 2015. Ada 3 tipe NFC yang bisa dibilang sebagai perangkat NFC sejati. 3 tipe tersebut adalah:

  • NFC Card Emulation

Membuat perangkat yang memiliki NFC seperti smartphone untuk berperilaku seperti smartcard. Hal ini membuat smartphone dapat mengolah transaksi layaknya kartu Credit/Debit/DLL untuk pembayaran atau ticketing.

  • NFC Reader/Writer

Membuat perangkat yang memiliki NFC seperti smartphone untuk dapat membaca informasi yang di simpan dalam label/Benda yang berisikan data NFC.

  • NFC Peer to Peer

Membuat perangkat yang memiliki NFC seperti smartphone untuk dapat saling mengirim data dan menangkap data antar perangkat.

Data yang dapat di simpan dalam perangkat NFC per tahun 2015 adalah data dengan ukuran 96 sampai 8192 Bytes. Data yang disimpan dalam NFC adalah data yang hanya dapat dibaca, tetapi untuk beberapa perangkat dengan tujuan tertentu, data tersebut dapat di edit. Teknologi NFC dipakai dalam banyak aspek per tahun 2015. Beberapa hal yang menggunakan teknologi nfc adalah sebagai berikut:

  • Commerce

NFC banyak digunakan sebagai sarana jual-beli. NFC membuat pengguna memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran karena NFC dapat membuat smartphone bekerja layaknya kartu kredit dan kartu lain.

  • Boothstrapping dan koneksi lainya.

NFC merupakan cara yang lebih baik untuk menambahkan koneksi pada suatu perangkat dibandingkan dengan Bluetooth.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close