School of Information Systems

Perlukah Cloud Computing? Amankah?

Apakah kamu tau apa itu cloud computing? Ya, secara sederhana cloud computing bisa diartikan sebagai tempat kita menyimpan file kita seperti foto, file-file penting dan lain-lain yang disimpan pada server internet dan kita menggunakan internet untuk mengakses file yang telah kita simpan. Contoh dari cloud computing itu sendiri seperti icloud pada Apple.

Apakah cloud computing sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? banyak orang yang menggunakan cloud computing, salah satu contoh nya adalah para pengguna produk Apple dimana mereka menggunakan icloud untuk menyimpan foto. Dalam dunia bisnis yang semakin meningkat semakin hari, para pebisnis semakin menyadari bagaimana cloud computing sangat penting untuk diterapkan dalam dunia bisnis ataupun lingkungan kerja. Menurut survey dari KPMG, yang dilakukan kepada 500 eksekutif, didapatkan bahwa 42% berpendapat cara kerja yang fleksibel adalah factor utama mengapa cloud computing dilakukan. Cloud computing memberikan beberapa manfaat :

  • Mengurangi penggunaan kertas

Dengan adanya cloud computing dapat membuat kita mengurangi penggunaan kertas. Kita dapat menyimpan data-data penting di cloud computing yang mana memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentunya tidak memakan tempat. Bayangkan jika kita menyimpan file yang di cetak dalam satu tahun, tentunya kertas akan memenuhi ruangan.

  • Bisa diakses dari manapun

Dengan data-data yang disimpan pada cloud computing, kita tidak akan merasa takut ketinggalan data-data penting. Cloud computing bisa diakses dari manapun asalkan kita memiliki akses internet.

  • Hemat biaya overhead

Hal ini juga menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi perusahaan jika menggunakan cloud computing, yaitu mengurangi biaya overhead. Jika perusahaan memiliki server sendiri untuk menyimpan data, tentunya biaya hardware maupun software yang dibutuhkan sangat mahal, ditambah lagi dengan menggaji programmer yang menangani software yang ada.

Cloud computing memberikan beberapa keuntungan yang dapat membantu kita menjadi lebih efisien dalam pekerjaan. Namun dibalik banyak keuntungan apakah cloud computing ini aman? Salah satu issue pada Cloud Computing adalah aksesibilitas, data di Cloud Computing lebih mudah diakses oleh “siapa saja”, bukan hanya Perusahaan. Attacker atau Black Hacker jika melakukan attack terhadap Cloud Computing maka akan lebih banyak mendapatkan data atau resource dari pada melakukan attack terhadap IT Tradisional. Cloud Computing tidak bisa dikatakan “tidak aman”, karena pada dasarnya baik itu environment IT Tradisional/on-permise atau Cloud Computing, bisa dipastikan aman jika semua aspek dalam Security terpenuhi dengan baik dan benar.

Referensi :

http://crmsindonesia.org/publications/mengapa-cloud-computing-diperlukan-di-masa-sekarang/

https://blog.indonesiancloud.com/2015/11/23/apakah-cloud-computing-aman/#.XEBEhlUzbIU

Risky Tri Sandi