People Innovation Excellence
 

Design 101: Why Design Matters?

Design 101: Why Design Matters?

Oleh: Inggried Kurniawan

Seorang akademisi ingin mengadakan seminar dan berniat untuk mengajak mahasiswa untuk menghadiri seminar tersebut. Sebagai seorang yang paham akan kelakukan mahasiswa yang mengejar suatu barang murah atau bahkan gratis, ia memiliki ide untuk memberikan pizza kepada setiap mahasiswa yang mengikuti seminar. Berikut adalah poster yang dibuat.

Apa yang terlintas dibenak Anda ketika melihat poster tersebut? Apakah kalimat ini yang Anda pikirkan, “Poster yang tidak menarik”, jika iya, tidak hanya Anda yang memiliki pikrian tersebut. Poster tersebut kehilangan daya untuk memikat mahasiswa untuk mengikuti seminar karena desain yang buruk.

Desain adalah sumber inovasi, inspirasi dan transformasi. Desain memiliki banyak definisi, ada yang mendefinisikan desain sebagai sebuah proses dan konseptualisasi atas objek yang dipahami sebagai ide, informasi, interaksi, produk, platform, situs, dan lainnya sebagai pehubung antara kreativitas dan inovasi, yang memungkinkan gagasan dibentuk sebagai proposisi yang berharga bagi pengguna dan pelanggan. Desain dibuat untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dan didefinisikan sebagai sesuatu yang penting bagi suatu objek, namun, bukan objek itu sendiri. Dengan demikian, tidak ada definisi yang dapat menggambarkan secra spesifik apa desain itu, tetapi lebih merupakan disiplin yang mencakup berbagai faktor dan bidang.

Tanpa Anda  sadari seluruh aspek kehidupan Anda berputar pada desain, tak jarang desain mengambil peran penting yang mempengaruhi alam bawah sadar Anda terhadap apa yang Anda sukai dan yang tidak. Desain tidak hanya membantu menarik perhatian Anda tetapi melalui desain, pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diucapkan.

Beberapa alasan mendasar mengapa desain menjadi satu bagian yang penting:

  1. Design matters because it affects us emotionally.
  2. Menciptakan identitas brand
  3. Desain dapat menyampaikan pesan

Dalam proses pendesainan, untuk mendapatkan hasil desain yang maksimal dan berpengaruh, ada beberapa hal yangh perlu Anda sadari:

·         Good design takes time
Jika ada satu hal yang Anda ambil dari pernyataan diatas adalah keputusan desain yang bagus tidak hanya dibuat secara kebetulan; mereka dibuat setelah jam penelitian intensif dan perencanaan yang cermat oleh tim desain Anda. Ada lebih banyak hal dalam proses desain daripada sekadar membuat logo dan mencoba variasi yang berbeda sampai Anda memilikinya. Untuk desainer, ada banyak pekerjaan perencanaan dan penelitian yang dilakukan sebelumnya, termasuk membiasakan diri dengan wawancara merek, pelanggan dan prospek, dan mempelajari strategi dan konten merek.

  • With design, you get what you pay for
    Jika Anda ingin memberikan perubahan menyeluruh pada produk Anda, berinvestasi pada desainer yang baik selalu sebanding dengan biaya tambahan. Seorang desainer yang berpengalaman akan membantu menghilangkan banyak dugaan yang terlibat dengan desain, dan akan menggali langsung ke merek dan personas Anda untuk mengembangkan pilihan terbaik. Baik Anda berinvestasi dalam pelatihan atau merekrut seorang desainer secara internal, atau menyewa desainer atau agensi freelance, ada banyak peluang dan layanan untuk merekrut desainer yang terlatih hari ini yang benar-benar akan membantu Anda mencapai hasil yang Anda cari.
  • It’s not always about looks
    Ya, banyak desain dibuat berdasarkan estetika. Namun, seperti yang dikatakan Steve Jobs, “Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works”. Saat mendesain situs web, misalnya, hal pertama, dan yang paling penting, hal yang Anda desain adalah pengalaman pengguna. Tampilan adalah fokus kedua. Ada banyak contoh situs web yang terlihat luar biasa, tetapi membingungkan untuk dinavigasi. Seorang perancang yang baik membuat desain bekerja di sekitar konten situs web, dan membantu konten tersebut menonjol, yang membantu persona Anda bergerak dengan lancar melalui situs Anda dalam pencarian informasi.
  • Focus on your target audience
    Berbicara tentang persona, target pasar Anda harus menjadi inspirasi desain utama Anda. Ketika mereka memiliki produk Anda, Anda ingin memikirkan bagaimana penampilan dan rasanya dalam hal gaya, dan bagaimana mereka menavigasi dan berinteraksi dengan produk Anda. Anda ingin menggunakan gambar, warna, dan font yang menarik bagi mereka dan mendukung pesan merek Anda.

Referensi:

https://drivinginnovation.ie.edu/why-design-matters/
https://www.weidert.com/whole_brain_marketing_blog/importance-of-design


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close