People Innovation Excellence
 

Revolusi Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital

Peran dari digital marketing Indonesia saat ini semakin menguat. Dunia digital yang berkembang tersebut membuat maraknya orang untuk menggunakan media digital yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti hal marketing. Seperti hal yang sudah kita ketahui, media digital memang memberikan dampak yang besar pada marketing dan membuat strategi baru dalam dunia pemasaran yaitu digital marketing.

Digital marketing sendiri merupakan strategi untuk memasarkan suatu produk dengan memanfaatkan teknologi digital. Didalam digital marketing juga dapat dilakukan digital marketing advertising, yaitu dimana kita beriklan untuk produk atau jasa dengan menggunakan media digital. Sosial media, blog, website, advertising digital, semuanya merupakan media yang digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperkenalkan maupun memasarkan produk atau jasa mereka.

Perkembangan digital pun telah merambah ke sektor keuangan di Indonesia dan telah merevolusi sistem pembayaraan saat ini. Saat ini, sebanyak 80% masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan pembayaran elektronik untuk transaksi. Ini berarti semakin sedikit masyarakat yang membawa uang tunai. Perkembangan ini juga telah menciptakan komunitas yang disebut Less Cash Society untuk orang-orang yang lebih sering menggunakan pembayaran elektronik sebagai instrumen kegiatan ekonominya.

Di Indonesia sendiri, pembayaran elektronik yang masih mendominasi adalah penggunaan kartu baik debit, kredit atau electronic money. Yang terbaru dan semakin berkembang pesat adalah penggunakan e-wallet atau dompet elektronik. Beberapa dompet elektronik yang merajai revolusi finansial di Indonesia adalah;

  1. OVO milik Lippo Grup,
  2. T-Cash milik Telkomsel,
  3. GrabPay milik Grab dan
  4. Go-Pay milik Go-Jek

Pembayaran melalui dompet elektronik sendiri digunakan untuk tujuan spesifik, misalnya saja untuk pembelanjaan online, pembayaran transportasi online, membeli pulsa, membayar pintu tol, parkir hingga untuk membeli makanan.

Kemudahan inilah yang kemudian banyak masyarakat yang mengadopsi metode pembayaran digital melalui dompet elektronik. Akan tetapi, dibalik kemudah tersebut ada hal lain yang mendorong minat masyarakat untuk menggunakan sistem tersebut. Karna sebanyak 80% respon memilih menggunakan pembayaran digital dikarenakan banyaknya promo berupa diskon, insetif produk, undian berhadiah hingga bonus yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital.

Pembayaran digital sejatinya tidak hanya memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Dari sisi pemiliki usaha, pembayaran digital juga memberikan keuntungan yang berlimpah untuk bisnisnya.

  1. Mempercepat proses transaksi

Menghadirkan pembayaran digital tentunya akan meningkatkan pelayanan yang ada pada bisnis Anda. Baik pelanggan tidak perlu repot dalam menghitung uang yang harus dibayar ataupun dikembalikan sehingga proses transaksi pembayaran menjadi lebih cepat dan menghemat waktu Anda.

  1. Lebih aman dan akurat

Keuntungan yang paling terlihat dari pembayaran digital adalah keamanan yang lebih terjaga karena baik pelanggan ataupun pemilik usaha tidak perlu menyediakan banyak uang. Tidak hanya itu, dengan melakukan pembayaran dalam bentuk dompet elektronik tentunya akan transaksi akan lebih akurat.

Refrensi:

http://www.brightstars.co.id/blog/peran-dari-digital-marketing-di-indonesia-saat-ini-semakin-menguat/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close