People Innovation Excellence
 

Sistem Infofrmasi Kesehatan (SIK)

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa pada sekarang ini perkembangan teknologi sistem informasi sangat cepat dan penyajian informasi yang cepat dan efisien dimana sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Begitu juga terjadi pada sistem rumah sakit dimana dari pencatatan manual menjadi sistem terkomputerisasi. Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan dalam bidang kesehatan yang membutuhkan keberadaan suatu informasi yang akurat, handal, dan memadai untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan adanya sistem informasi memudahkan rumah sakit dalam pengelolahan data seperti: proses penginputan data, proses pengambilan data, pegupdatean data menjadi mudahh, akurat, dan cepat.

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) adalah suatu sistem pengolahan data dan informasi kesehatan di semua tingkat pemerintah secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kapada masyarakat. Manfaat dari SIK adalah:

  1. Mendukung manajemen kesehatan
  2. Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan
  3. Mengintervensi masalah kesehatan berdasarkan prioritas
  4. Pembuatan keputusan dan pengambilan kebijakan kesehatan berdasarkan bukti
  5. Mengalokasikan sumber daya secara optimal
  6. Membantu penigkatan efektivitas dan efisiensi
  7. Membantu penilaian transparansi

Menurut WHO (World Health Organization), SIK adalah salah satu dari “6 Building Block” atau komponen utama dalam sistem kesehatan suatu negara. Dimana 6 Builing Block, yaitu:

  1. Service delivery
  2. Medical product, vaccine, and technologies
  3. Health worksforce
  4. Health system financing
  5. Health information system
  6. Leadership and governance

Ruang lingkup dari SIK adalah

  1. Registrasi pasien yaitu: mencatat data/status pasien dimana memudahkan pengidentifikasian, pembutan statistic dari pasien masuk sampai keluar. Modul ini meliputi: pendaftaran pasien baru/lama, pendaftaran rawat inap/jalan, dan infomasi kamar rawat inap
  2. Rawat jalan/poliklinik yang tersedia di rumah sakit, seperti: penyakit dalam, bedah, anak, obstetric dan ginekologi, KB, syarat, jiwa, THT, mata, dan lain – lain sesuai kebutuhan. Modul ini meliputi: pencatatan diagnose dan tindakan terhadap pasien agar tersimpan didalam laporan rekam medis pasien.
  3. Rawat inap, modul ini mencatat diagnosa dan tindakan terhadap pasien , konsultasi dokter, hubungan dengan poliklinik/penunjang medis.
  4. Penunjang medis/laboratorium, modul ini mencatat informasi pemeriksaan seperti: ECG, EEG, USG, CT Scan, dan lain – lain.
  5. Penagihan dan pembayaran, modul ini meliputi: penagihan dan pembayaran untuk rawat jalan, rawat inap dan penunjang medis (laboratorium, radiologi, rehab medik) baik langsung maupun jaminan dari pihak ketiga, mencatat transaksi harian pasien, daftar piutang, manajemen deposito, dan lain – lain.
  6. Apotik/Farmasi, modul ini meliputi: pengelolaan informasi inventori dan transaksi obat – obatan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close