People Innovation Excellence
 

Pengenalan User Experience Design – 2

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi User Experience (usability.gov) :

 

  • Useful             : Konten yang dibuat haru asli dan sesuai kebutuhan
  • Usable             : Situs harus mudah digunakan
  • Desirable         : Citra, identitas, merek, dan elemen desain lainnya digunakan untuk membangkitkan emosi dan apreasiasi
  • Findable          : Konten harus dapat dinavigasi dan dapat ditemukan pada lokasi dan di luar lokasi
  • Accessible       : Konten harus dapat diakses oleh penyandang cacat
  • Credible          : Pengguna harus percaya dan yakin dengan apa yang Anda katakan kepada mereka

Bidang-bidang yang Terkait dengan Pengembangan User Experience :

Dengan begitu luasnya cakupan dari User Experience, maka tak heran jika User Experience bersinggungan / terkait dengan berbagai bidang diantaranya :

  • Project Manajement

Berfokus ke perencanaan dan pengorganisasian proyek serta sumber daya yang ada. Project management juga termasuk mengidentifikasi dan mengelola siklus yang akan digunakan nantinya. Selain itu, juga dalam menerapkannya ke proses desain yang lagi-lagi sesuai istilah UX yaitu yang berpusat pada kepuasan dan kenyamanan pengguna. Tak sampai di situ, bahkan manajemennya termasuk juga merumuskan siapa yang termasuk kedalam tim proyek dan memandu tim itu secara efisien hingga proyeknya selesai.

  • User Research

Berfokus pada pemahaman perilaku pengguna. Apa saja kebutuhan pengguna dan motivasinya apa. User research dilakukan dengan teknik observasi, analisis, dan metodologi mencari feedback yang lainnya.

  • Usability Evaluation

Berfokus pada seberapa baik pengguna bisa belajar cepat dan memakai fitur fitur website yang ada demi mencapai tujuan yang mereka butuhkan. Hal ini dapat mengacu pada seberapa puas pengguna dengan proses pemakaian fitur website tersebut.

  • Information Architecture

Bidang satu ini berfokus pada bagaimana informasi bisa diatur menjadi terstruktur dan kemudian disajikan kepada pengguna website.

  • User Interface Design

Desain UI ini berfokus untuk mengantisipasi apa yang mungkin perlu dilakukan oleh pengguna website pada saat penggunaan. Selain itu, juga memastikan bahwa interface-nya punya elemen yang mudah untuk diakses dan dipahami, agar mudah dipakai seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Interaction Design

Desain satu ini maksudnya adalah proses pembuatan sistem interaktif yang menarik bagi si pengguna website dengan suatu konsep interaksi yang telah dipikirkan dengan matang dan logis.

  • Visual Design

Desain visual ini berarti memastikan tampilan website yang tetap sejalan dengan tujuan brand dari perusahaan yang ingin ditamplikan.

  • Content Strategy

Strategi konten ini berfokus pada penulisan dan manajemen konten yang berguna bagi pengguna website. Dapat berupa memahami apa produknya atau kelebihannya maupun juga tips berguna lainnya yang terkait produk. Strategi ini dilakukan dengan merencanakan pembuatan, penyampaian dan tata kelolanya seperti apa.

  • Web Analytics

Web analytics ini berfokus pada pengumpulan, pelaporan, dan analisis data dari suatu website.

Sumber Referensi :

https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience.html Diakses tanggal : 1 Desember  2018.

https://www.dewaweb.com/blog/user-experience/ . Diakses tanggal : 3 Desember 2018.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close