School of Information Systems

BCG Matrix

Boston Consulting Group Matrix yang biasa dikenal dengan singkatan BCG Matrix adalah alat bantu untuk mengalanisis sebuah bisnis. Analisis ini dapat membantu perusahaan menilai masing-masing produk ata unit yang dimiliki, sehingga bisa menentukan strategi kedepannya untuk masing-masing produk tersebut. Jadi masing-masing produk mempunyai perlakuan yang berbeda seseuai dengan kondisi yang dihadapi. Berikut adalah gambaran dari BGC Matrix:

          

Terdapat 4 kuadran yang menggambarkan kondisi sebuah produk, yaitu: Star, CashCow, Dog, dan Question Mark. Berikut penjelasan tiap kuadrannya:

  • Star

Pada kuaran ini bisa dilihat bahwa pertumbuhan pasarnya sangat pesat. Peminatnya juga banyak. Startegi yang sesuai untuk kuadran ini adalah dengan cara “Hold” agar tetap pada kuadran ini, tidak menurun.

  • CashCow

Pada kuadran ini biasanya dialami oleh produk lama yang pengembangannya sudah meksimal, hanya saja penjualannya yang besar dan menghasilkan banyak cash flow. Produk seperti ini memerlukan strategi “Harvest” yaitu dengan dengan mengalihkan uang yang dihasilkan untuk membantu produk di kuadran lain yang perlu pengembangan. Jadi produk pada kuadran ini sebagai sumber uang. Tetapi pastikan juga jangan sampai produk pada kuadran ini kualitasnya menurun dan tidak pada kudran ini lagi.

  • Dog

Produk pada kudran ini adalah produk yang dianggap paling menguntungkan, karena produk ini kurang diminati di pasar dan juga penjualannya rendah. Strategi yang sesuai untuk kuadran ini adalah “Divest” yaitu dengan menghilangkan produk tersebut.

  • Question Mark

Kuadran ini biasanya dialami oleh produk-produk yang baru dikeluarkan, karena market interestnya tinggi tapi penjualannya masih seedikit. Kuadran ini mempunyai peluang menuju kuadran star jika sudah diterima oleh pembeli. Strategi yang sesuai dengan kuadran ini adalah “Build” yaitu terus mengembangkan produk ini sampai mencapai kuadran star atau cashcow.

Fransisca