People Innovation Excellence
 

Kekurangan dan Kelebihan Outsourcing bagi Perusahaan

Semakin berkembangnya perusahaan maka semakin besar juga sumber daya yang mereka butuhkan, salah satu sumber daya yang paling dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan besar yaitu sumber dya manusia. Ya, tentunya kita tahu bahwa semua orang mempunyai kemampuannya sendiri sendiri di bidang yang mereka tekuni. Begitu juga dengan perusahaan besar yang membutuhkan banyak orang di keahlian keahlian yang berbeda beda.

            Salah satu cara agar perusahaan dapat mencukupi kebutuhkan sumber daya manusia yaitu outsourcing. Outsourcing sendiri merupakan sebuah solusi dimana perusahaan bekerjasama dengan perusahaan yang ahli dalam bidang bidang tertentu untuk membantu perusahaannya sendiri. Contoh dari outsourcing sendiri yaitu seperti perusahaan penyedia sekuritas kemananan, perusahaan penyedia konsultan, perusahaan penyedia office boy atau asisten bersih bersih. Namun perlu diketahui bahwa ada kekurang dan kelebihan yang dapat ditemukan dari outsourcing ini sendiri.

            Kelebihan kelebihan yang didapatkan dari outsourcing yaitu yang pertama adalah Fokus pada Kompetensi utama, yaitu perusahaan dapat lebih focus dengan core business yang mereka jalani sehingga dengan adanya bantuan outsource, perusahaan tidak lagi perlu untuk emmikirkan hal lain selain core business yang mereka jalani. Yang kedua yaitu lebih efisien karena tidak perlu repot repot lagi untuk melakukan recruitment hanya untuk karyawan lain diluar core business yang sedang dijalani sehingga tidak memakan biaya operasional lebih banyak lagi. Lebih hemat biaya, seperti kita tahu bahwa outsource memiliki struktur Economic Of Scale maka dari itu outsource dapat menjadi pilihan yang lebih efisien bagi perusahaan. Yang terakhir yaitu lebih memanfaatkan skill atau kompetensi dari outsource itu sendiri, jika ada orang yang sudah ada dan lebih berkompeten mengapa harus susah susah mendapatakn atau merekrut iorang baru lagi.

            Namun ada juga beberapa kekurangan yang ditimbulkan dari outsourcing. Yang pertama yaitu resiko kualitas yang kurang baik, karena biasanya akan ada biaya biaya tambahan yang bisa membuat perusahaan mengeluarkan budget yang tidak sesuai dengan budget yang sudah diatur atau sudah disediakan. Kedua yaitu sekuritas akan menurun dikarenakan orang orang yang di outsource bisa mengetahui data data yang dimiliki oleh perusahaan seperti data gaji, data karyawan danlain sebagainya. Yang ketiga yaitu kehilangan control manajerial yaitu perusahaan outsourcing hanya mementingkan pelayanan yang dimilikinya dan keuntungannya sehingga tidak banyak mensuport bisinis perusahaan yang kita miliki.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close