People Innovation Excellence
 

ARM (Advanced RISC Machines)

Indonesia menempati posisi ke enam untuk pengguna telepon genggam terbanyak diseluruh didunia yang dikutip oleh The Spectator Index. Jumlah penduduk Indonesia diperkirkan sebanyak 261 juta jiwa dan jumlah penggunaan telepon genggam sebanyak 236 juta unit. Jumlah penggunaan telepon genggam diperkirakan akan terus bertambah apabila tidak ada batasan mengenai pembatasan usia dan jumlah kepmilikan dalam penggunaan telepon genggam.

Sekarang ini, kebanyakan pada perangkat mobile menggunakan prosesor berarsitektur ARM, dimana arsitektur ARM ini sebagai landasan sebagian beasar central processing unit (CPU). ARM merupakan design mikroprosesor 32-bit yang paling banyak digunakan di dunia dan mempunyai desain arsitektur Cortex seri M, R, A hingga seri A50

Fakta mengenai ARM, yaitu:

  1. Menurut data internal ARM tahun 2010, arsitektur ARM menguasai 95% pangsa pasar arsitektur prosesor ponsel pintar, 35% televisi digital dan alat set top boxes, dan 10% komputer mobile
  2. Teknologi ARM mempunyai kemampuan konsumsi daya yang rendah sehingga cocok untuk digunakan pada perangkat portable. Dimana pada sekarang ini, teknologi sedang mengarah mobile.
  3. ARM didukung oleh Microsoft dimana sistem operasi Windows RT didesain khusus untuk prosesor ARM
  4. ARM menjajaki pasar server: bermodalkan teknologi irit daya yang dapat menekan biaya untuk energi, ARM mengekspansi bisnis ke pasar komputer server. Menurut laporan Lembaga riset Gartner, konsumsi energi menyumbang 12% dari seluruh pengeluaran perusahaan penyedia pusat data (data center).
  1. Lintas platform: pada tahun 2016, Microsoft dan Qualcomm mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama untuk membawa kompatibilitas chipset ARM Qualcomm Snapdragon ke platform Windows 10 yang notabene adalah perangkat komputer.

Qualcomm mengkonfirmasi bahwa laptop seluler pertama Windows 10 yang didasarkan pada prosesor ARM Qualcomm Snapdragon 835 akan hadir di pasar pada akhir tahun 2017

Sources:

https://www.idntimes.com/tech/gadget/eka-supriyadi/daftar-6-negara-pengguna-ponsel-terbanyak-di-dunia-ada-indonesia-c1c2/full

https://rsinewsupdate.wordpress.com/2017/04/22/mengenal-lebih-dekat-arsitektur-arm-penguasa-prosesor-mobile-dunia/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close