People Innovation Excellence
 

Prinsip dalam Desain UX 

Prinsip dalam Desain UX

 

User Experience Desain atau yang biasa disebut UX Desain merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi / user dalam meningkatkan kumudahan dalam penggunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk atau bisa didefinisikan juga sebagai proses untuk membuat produk yang sudah ada menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh user.

Dalam UX Desain terdapat beberapa prinsip yang bisa diikuti untuk membuat pengguna lebih efektif dalam menggunakan aplikasi. Prinsip-Prinsip pada UX Desain adalah:

  • Desain yang fokus pada sebuah pengalaman: Orang tidak selalu mengingat informasi yang ditampilkan, tapi akan mengingat yang mereka rasakan. Tampilkan kombinasi dari teks, gambar, layout dan interaktif elemen lainnya dengan efektif untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi audiens, tidak sekedar tampilan informasi.
  • Orang Mengamati Website, bukan Membancanya: Buatlah website yang menjadi menarik untuk dilihat. Anda mungkin tidak akan membaca semua hal dalam sebuah artikel, namun Anda akan mencari headline dan mencari hal menarik yang ingin Anda lihat.
  • Pengguna Menginginkan Simplisitas dan Jelas: Sebuah desain yang konsisten sebenarnya ialah salah satu hal yang membuat audiens jadi lebih mudah melihatnya.
  • Ketahuilah dimana Anda Harus Kreatif dan dimana Anda Menggunakan Pola Desain yang Sama: Berhati-hatilah menginovasikan pola UI baru terhadap pola desain yang sama dimanapun. Contohnya, link seharusnya tetap kelihatan seperti link, tombol seperti tombol.
  • Desain untuk Menarik Perhatian: konten pada fold sangat penting, lebih penting dibanding menarik perhatian audiens.
  • Scrolling Kadang Lebih Baik dibanding Paging: rang tidak akan mengklik jika Anda tidak mendesainnya dengan banyak. Pada akhirnya, kenbanyakan kita lebih mudah dan cepat melihat rute pada hal yang kita butuhkan.
  • Bangun Responsif Desain yang Bagus vs. Skedar Responsif Desain Biasa: Menjadikan website responsif sudah menjadi kewajiban saat ini untuk menyesuaikan kebutuhan berbagai akses untuk gadget.

 

 

REFERENCES

Russ Unger and Carolyn Chandler. (-). A Project Guide to UX Design: for User Experience Designers in the Field or in The Making. 02. New Riders. Berkeley, CA. ISBN: 978-0-321-81538-5.

Apa Sih Perbedaanya UI & UX? Sharing Pengalaman Pribadi Tentang Pertama Kali Belajar UI/UX Design. (2018). Retrieved from https://medium.com/surabayadev/apa-sih-perbedaanya-ui-ux-sharing-pengalaman-pribadi-tentang-pertama-kali-belajar-ui-ux-design-ed61e183cab1


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close