People Innovation Excellence
 

Cyberethics

Etika adalah salah satu cabang dalam filosofi yang mempelajari tentang konsep apa itu yang disebut Benar dan Baik, dan apa yang disebut Salah dan Jahat. Etika digunakan dalam menentukan suatu hukum apakah layak di aplikasikan dan apakah suatu perbuatan dihitung layak atau tidak layak. Salah satu cabang etika yang muncul akibat dari perkembangan Teknologi adalah Cyberethics. Cyberethics mempelajari tentang dampak dari teknologi terhadap sistem sosial, moral, dan legal. Cyberethics juga mengevaluasi kebijakan – kebijakan dan hukum yang di implementasi oleh perusahaan atau organisasi. Dalam Cyberethics ada 3 aspek yang harus dipikirkan dalam masalah menggunakan suatu Teknologi, 3 aspek itu adalah Privasi, Properti, dan ACF (Accessbility, Censoring and Filtering).

  • Privacy

Membicarakan tentang hak-hak privasi yang dimiliki oleh pengguna saat menggunakan internet. Pertanyaan-pertanyaan yang di diskusikan seperti haruskah ada pembatasan dalam akses memberikan info pribadi kepada pengguna? Sampai manakah perusahaan dapat menyimpan info pribadi seseorang? Apakah ada standard regulasi dalam memposting data pribadi? Dan lain-lain.

  • Property

Membicarakan tentang hak-hak pengguna dalam berkarya dan hak intelektual. Pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan seperti, apakah internet seharusnya menajdi tempat yang bebas untuk menyimpan dan melihat? Apakah internet harus diberikan Batasan pada suatu karya?

  • ACF (Accessbility, Censoring, and Filtering)

Membicarakan tentang hak akses, hak untuk memfilter dan hak untuk mensensor suatu konten. Aspek ini juga mempertimbangkan aspek Properti, sebagai contoh: Hak untuk mensensor suatu konten, hak tersebut secara tidak langsung berarti mengubah suatu hasil karya intlektual seseorang. Pertanyaan-pertanyaan   yang didiskusikan seperti, sampai manakah sebuah perusahaan berhak melakukan filter suatu konten?.

Beberapa organisasi yang mendiskusikan tentang Cyberethics adalah beberapa organisasi berikut:

  • International Federation for Information Processing (IFIP)
  • Association for Computing Machinery, Special Interest Group: Computers and Society (SIGCAS)
  • Electronic Privacy Information Center (EPIC)
  • Electronic Frontier Foundation (EFF)
  • International Center for Information Ethics (ICIE)
  • Directions and Implications in Advanced Computing (DIAC)
  • The Centre for Computing and Social Responsibility (CCSR)
  • Cyber-Rights and Cyber-liberties
  • International Journal of Cyber Ethics in Education (IJCEE)

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close