People Innovation Excellence
 

MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA MARKETING

Media sosial mungkin tidak terdengar asing di telinga kita. Data Kominfo mengatakan ada 63 juta orang di Indonesia yang terhubung dengan internet, dan 95% di antaranya mengakses media sosial. Jumlah ini juga diprediksi akan terus bertambah. Indonesia menempati peringkat ke-4 dan peringkat ke-5 dalam jumlah pengguna Facebook dan Twitter.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlin, ahli marketing, mendefinisikan sosial media sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated konten. Jadi di dalam media sosial, pengguna dapat membuat kontennya sendiri. Aplikasi media sosial hanya menjadi wadah bagi pengguna untuk menaruh kontennya.

Saking banyaknya pengguna media sosial, mulai dari publik figur, oknum pemerintah, sampai anak kecil, media sosial menjadi salah satu target utama untuk pemasaran saat ini. Orang-orang dari departemen pemasaran berharap produk mereka akan lebih cepat dikenal publik. Kita bisa lihat ketika kita mengakses akun media sosial kita sendiri, beberapa iklan muncul. Bentuknya bermacam, ada yang seperti banner, ada yang pop-up, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari berbagai perspektif, pemasaran yang dilakukan di sosial media memiliki beberapa keunggulan dibandingkan cara online lain apalagi offline. Misalkan dibandingkan dengan memanfaat SEO, yang berarti kita menjadi halaman puncak ketika orang mencari sesuatu di search engine, media sosial lebih efektif, karena tidak semua orang mengakses search engine terlebih dahulu untuk mengakses media sosial, atau bahkan tidak semua orang membuka search engine secara rutin. Media sosial lebih banyak diakses oleh banyak orang, bahkan bisa berjam-jam dalam sehari.

Jangkauan media sosial juga lebih luas dibandingkan pemasaran secara offline. Jika kita memasang banner di suatu tempat, maka orang yang bisa melihat iklan kita hanya orang yang melintas di tempat itu. Ketika kita memasang iklan kita di media sosial, bahkan orang di luar negeri saja bisa melihat produk yang kita jual.

Ketika kita masuk ke tahap penjualan, penggunaan sosial media juga cukup efektif. Kita bisa menjual barang di akun kita tanpa membayar sewa toko. Barang yang kita jual juga bisa dilihat orang yang berlokasi jauh dari kita. Kita bisa lebih sering berinteraksi dengan pelanggan kita. Jika dilihat, jualan di media sosial seakan menjadi tren baru dalam perdagangan.

Kesimpulan yang bisa kita tangkap dengan memanfaatkan media sosial dalam dunia pemasaran adalah:

  • Jangkauan lebih luas
  • Biaya yang dibutuhkan lebih murah
  • Interaksi dengan pelanggan akan lebih gampang terjadi
  • Hemat waktu bagi pelanggan karena tidak harus datang ke lokasi barang/jasa untuk bertanya atau membeli.

REFRENSI
https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
https://www.jurnal.id/en/blog/2018/mengenal-4-perbedaan-target-konsumen-pemasaran-online-dan-offline


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close