People Innovation Excellence
 

Hirarki Data

Seperti yang kita semua sudah ketahui, bahwa informasi yang kita butuhkan semuanya berasal dari data. Data sendiri banyak jenisnya dan dengan jumlahnya yang sangat besar dapat kita temukan dan dapatkan dimana-mana. Data sendiri sebenarnya mempunyai hirarki atau tingkatannya, hal ini bermanfaat dalam mengorganisir data-data tersebut.

Hirarki data dibagi menjadi enam hirarki atau data, berikut dalah hirarki data berdasarkan ukuran yang paling kecil hingga besar:

  1. Bit
  2. Byte
  3. Field
  4. Record
  5. File
  6. Database

Semua data dari yang paling kecil tersebut nantinya akan diproses hingga menjadi sebuah database. Unit paling kecil dalam suatu database adalah bit, bit ini sebenarnya adalah singkatan dari binary. Binary atau angka biner hanya terdiri dari 1 dan 0. Angka biner ini yang jika digabungkan menjadi delapan digit akan bisa mengidentifikasi sesuatu, baik angka, huruf, maupun simbol. Delapan angka biner ini jika dikelompokkan disebut dengan byte.

Jika byte tadi merupakan sebuah angka, huruf maupun simbol, kumpulan dari byte ini disebut sebuah field. Field ini tidak terbatas hanya tulisan saja, tetapi bisa juga gambar. Fieldfield yang saling terkait akan membentuk sebuah record. Sederhananya, record adalah sebuah baris dalam database. Record atau baris-baris dalam database tentunya sejenis, menggambarkan sebuah file, file di sini bisa juga diartikan sebagai tabel. Kumpulan dari tabel-tabel yang salin terkait inilah yang disebut dengan database.

Tingkatan ini bukan berhenti sampai database saja, dikenal juga data mart dan data warehouse yang merupakan kumpulan dari sebuah database. Berikut adalah contoh dari hirarki data dalam suatu database:

File/Tabel Mahasiswa

NIM Nama Foto
19041515377 (Field) Andi (A = Byte) Andi.jpeg
2001808333 Budi Budi.png

Baris kedua adalah record

Referensi :
Rainer, Prince, Cegielski. (-). Introduction to Information Systems. 05. John Willey & Sons, Inc. . ISBN: 978-1-118-80855-9.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close