School of Information Systems

Data Science Technology

Di era modern ini, tentu perkembangan teknolohi semakin hari semakin pesat. Penemuan demi penemuan semakin bayak sehingga melahirkan banyak lapangan kerja baru yang di hasilkan dari perkembangan teknologi di jaman sekarang ini. Salah satunya adalah Data Scientist.

Sebelumya, Data Science sendiri merupakan ilmu dimana seseorang dapat melakukan komputasi untuk mencari wawasan, ide, gagasan baru mengenai research research sebagia upaya mencari dan mengumpulkan data. Data Science sendiri terdiri dari tiga fase, yaitu Desain data, mengumpulkan data, dan analisis data.

Data Science ini sendiri mengandung 3 disiplin ilmu, yaitu yang pertama adalah Machine Learning. Pada machine learning ini termasuk dari Artificial Intelligence yaitu dimana kemampuan sebuah computer untuk melakukan proses belajar. Ilmu ini sendiri terdiri dari irisan antara ilmu amtematika dengan ilmu statistic.

Yang kedua adalah Traditional Software. Traditional Software ini merupakan hubungan atau irisan tentang ilmu computer denga nilmu bisnis. Traditional software ini sering kita jumpai sebagai penunjang untuk sebuah aktivitas bisnis, contohnya seperti e – business, e- commerce, e – learning dan lain sebagainya.

Yang ketiga yaitu adalah Traditional research, yaitu seperti gabungan antara machine learning dan traditional software dimana pada traditional research ini sendiri merupakan sebuah gabungan antara ilmu statistika dengan ilmu matematika, sedangkan traditional research ini dilakukan dengan cara traditional seperti pada pengaplikasian traditional software. Maka dari itu, tentunya sangat penting bagi kita untuk mengetahui perkembangan perkembangan dari data science sehingga proses proses yang terjadi dalam lingkungan kita sehari hari dapat lebih mudah kita mengerti dan kita pahami kedepannya.

Cindy Nataliana