School of Information Systems

Kekurangan dan Kelebihan E – learning

Di jaman yang serba instan ini, tidak jarang banyak orang yang mencari informasi dan melakukan pembelajaran dengan cara yang praktis dan mudah. Mengapa hal itu terjadi? Ini dikarenakan karena kondiri lingkungan yang semakin hari semakin tidak kondusif dan menuntut orang lain untuk mendevelop kinerjanya dengan sebaik mungkin. Salah satu dari dampak ke tidak kondusifan lingkungan sendiri yaitu contohnya adalah kemaceta di mana mana. Setiap orang sulit sekali melakukan mobilisasi yang mudah sehingga sulit sekali untuk melakukan berbagai macam pembelajaran / kursus diluar rumah.

Maka dari itu, banyak orang yang saat ini lebih memilih E- learning sebagai solusi lebih praktis untuk mengembangkan kemampuan serta skill yang mereka miliki. Konsep e- learning ini sendiri merupakan sebuah konsep pembelajaran dimana tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung dan dilakukan secara online atau dengan computer sehingga dapat lebih mudah untuk dijangkau.

Namun ada beberapa manfaat yang ditimbulkan dari E- Learning, yaitu yang pertama adalah flexible. Seiring dengan perkembangan jaman, orang orang pasti semakin hari semakin sibuk dengan adanya berbagai rutinitas yang mereka miliki. E- learning meruakan solusi bagi mereka yang sibuk di kesehariannya karena mempunyai flexibilitas yang tinggi yaitu dapat dijangkau dimana saja dan kapan saja. Orang orang hanya perlu membawa PC atau telepon genggam yang mereka miliki dan dapat akses e- learning kapan saja.

Yang kedua adalah tentang efisiensi biaya. Bayangkan berapa banyak ongkos yang dapat kita keluarkan untuk bepergian setiap harinya? Dengan adanya e- learning, kta tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena kita tidak perlu bepergian jauh hanya untuk mendapatkan sebuah kursus atau pelatihan khusus. Di rumah pun kita dapat melakukan akses untuk e- learning ini sendiri.

Pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan karen e- learning berkonsep pada efisiensi saja, namu e- learning juga dapat menjadi solusi pembelajaran yang lebih menarik karena biasanya e – learning menyajikan fitur fitur dimana sesorang akan ditampilkan pembelajaran berupa video video atau gamabar dan grafik mengenai konsep dari topik e – learning yang disajikan.

Namun, seiring berjalannya waktu , konsep e – learning juga tidak luput dari kekurangan, ada beberapa kekurangan yang ditimbulkan, yaitu kurangnya sosialisasi yang baisanya dapat kita temui jika menghadiri sebuah kelas face to face. PesertaE- learning akan merasa terisolasi, artinya adalah kurangnya rasa sosialisasi yang ditimbulkan karena e- learning hanya berfokus pada user dan gadgetnya. Kurangnya keterangan dari body language membuat seseorang lebih sulit untuk menyerap informasi dan terasa ambigu.

Cindy Nataliana