School of Information Systems

Customer Service Online

Customer service adalah hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sebagai salah satu stakeholders dalam membangun opini publik agar tercipta kepercayaan pelanggan dan citra positif perusahaan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi. Customer service berperan sebagai customer relations yang berperan penting sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen, memberikan pelayanan kepada pelanggan terutama pada pelayanan komunikasi.Customer service merupakan segala aktivitas perusahaan dalam hal memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan yang biasanya berada di kantor depan perusahaan (front office). Bagaimana dan apa yang dilakukan oleh customer service dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggannya dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan tersebut.

Pada era modern saat ini, customer service tidak hanya dapat dihubungi melalui telefon atau email saja. Pada website – website saat ini telah terdapat live chat yang memudahkan para pengguna untuk dapat langsung menghubungi customer service secara real – time. Biasanya customer service online ini terdapat pada website – website e-commerce. Ada beberapa open source yang menyediakan fasilitas customer service online ini. Salah satunya adalah LiveZilla. Berikut beberapa fitur pada LiveZilla:

  • Live Chat

Live Chats / Live Help untuk berhubungan langsung dengan pengunjung situs web. Tanyakan kepada pengunjung apakah mereka memiliki pertanyaan atau butuh bantuan dan tingkatkan kepuasan dan penjualan pelanggan.

  • Tickets & Help Desk

LiveZilla adalah platform kontak yang sempurna, bahkan ketika sedang offline. Dengan menggunakan formulir web online yang dapat disesuaikan, pengunjung situs web dapat meninggalkan pesan kepada customer service setiap kali mereka membutuhkan bantuan customer service atau ingin berhubungan dengan customer service.

  • Besucher monitoring

Fitur pemantauan pengunjung real-time terintegrasi LiveZilla memungkinkan untuk melihat langsung, siapa yang ada di situs web.

REFRENSI :
LiveZilla Demo (https://www.livezilla.net/home/en/)

Viriya Oktorian