School of Information Systems

Bisnis Proses Management

            Bisnis proses management merupakan salah satu bagian terpenting dalam setiap perusahaan, mengapa? Karena semakin baik bisnis proses yang di aplikasiskan pada suatu perusahaan, semakin baik juga produktivitas dan dan daya saing perusahaan itu sendiri.

            Semua perusahaan tentu ingin mendapatkan keunggulan untuk kemajuan perusahaan nya , maka dari itu persaingan semakin hari semakin ketat mengingat strategi yang di aplikasikan padfa setiap perusahaan semakin hari semakin inovatif. Menurut sumber yang ada, beberapa hal yang membuat bisnis proses management sangat penting yaitu adalah, yang pertama Bisnis Proses Management dalam kemampuanya meningkatkan inovasi bisnis. Dalam hal ini, sangat penting bagi perusahaan mengetahui daya jual mereka dan kondisi pasar saat ini yang tentunya merupakan strategy paling jitu mengingat labilnya situasi pasar bisnis setiap hari.

            Yang kedua adalah Efisiensi, Bisnis proses management yang dibuat dapat membuat bisnis proses lebih efisien. Bisnis proses management akan mengurangi resiko yang dapat ditemui di kemudian hari, contohnya saat perusahaan mengalami penurunan, perusahaan dapat mereview bisnis proses mereka sehingga resiko resiko tersebut lebih efisien dalam penanggulangannya.

            Ketiga yaitu mengurangi cost atau biaya, dengan adanya integrasi bisnis proses management yang baik yang dapat mengurangi resiko, perusahaan juga tidak membuang buang biaya terlalu banyak dan ini dapat meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dan ini juga menjadi salah satu sumber pemasukan perusahaan dan peningkatan produktivitas karyawan perusahaan.

            Keempat yaitu visibilitas dan realyime, artinya dalah bisnis proses management kini dapat dilakukan secara realtime mengingat sudah banyaknya software dan aplikasi yang mendukung adanya bisnis proses secara real time ini, ini juga berdampak terhadap efisienasi dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kemudahan kemudahan tersebut misalnya dari mengakses data, mengupload data, mmelakukan virtual meeting dan alin sebagainya, tentu di samping efisiensi waktu, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk preparasi meeting terus menerus.

            Yang kelima adalah sekuritas dan ketaatan perusahaan, sekuritas dan ketaatan yang dimaksud adalah bahwa perusahaan dapat mengetahui batasan batasan hokum dan etika bisnis yang ada dalam profesionalisme yang ada, dengan demikian, perusahaan dapat lebih aman dalam menjalankan strategy strategy bisnisnya, selain itu sekuritas atau keamanan juga adalah merupakan keamanan dalam melakukan strategy dan penyimpanan data, bisnis proses yang baik menyokong dan mendukung kemanan data data perusahaannya, tentu kemananan data perusahaan ini merupakan bagian dari bisnis process management yang akan mempengaruhi “Trust” dari pelanggan yang ada.

            Banyak lagi benefit benefit yang didapatkan dari bisnis proses management terutama di bidang marketing dan advertising, itulah mengapa banyak perusahaan yang berlomba lomba mengaplikasikan Bisnis Proses Management sebagai penyokong utama perusahaan mereka.

Cindy Nataliana