School of Information Systems

Computer Network

Untuk kita yang sudah terbiasa bergelut di dunia tekonologi, yang setiap harinya menggunakan komputer dan internet, tentunya sudah tidak asing dengan istilah computer network yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan jaringan komputer. Kali ini akan dibahas tentang apa itu jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer yang ada.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menyambungkan komputer antar komputer maupun dengan perangkat yang lain (salah satu contohnya adalah printer) melalui media komunikasi sehingga data dan informasi dapat saling tersalurkan antar komputer maupun dengan perangkat. Selain itu, dikenal juga istilah bandwidth, yaitu kapasitas transmisi dari suatu jaringan, biasanya dilihat dari bit per detik.

Jaringan komputer sediri memiliki beberapa jenis jika dilihat dari range atau jarang dari jaringan tersebut, mulai dari yang kecil hingga yang sangat luas. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. PANs (Personal Area Networks)PANs adalah jaringan komputer terkecil, bisa dilihat dari namanya yaitu personal. PANs biasanya hanya berjarak beberapa meter, digunakan untuk berkomunikasi satu orang dengan perangkat yang ada di dekatnya. Contohnya adalah ketika seseorang mendengarkan musik dalam mobil menggunakan bluetooth.
  2. LANs (Local Area Networks)
    LANs ini jaraknya tentunya lebih jauh atau luas dibandingkan dengan PANs. LANs biasanya digunakan untuk menyambungkan antar komputer, perangkat dan server. Biasanya LANs ini digunakan untuk menyambungkan perangkat dalam satu bangunan, jadi hubungannya hanya bisa dilakukan di tempat itu. LANs biasanya dihubungkan dengan kabel ethernet. Biasanya setiap kantor mempunyai LANs sehingga antar karyawan bisa mengakses komputer karyawan lain melalui share folder dan juga bisa mengakses server di kantor tersebut. Tetapi untuk saling akses, hanya bisa dilakukan di kantor tersebut, tidak bisa dari luar kantor.
  3. WANs (Wide Area Network)
    WANs sudah berjarak lebih luas lagi, menyambungkan perangkat secara geografis yang lebih luas. Biasanya WANs menyambungkan beberapa LANs. Internet adalah salah satu contoh WANs, jadi WANs membutuhkan router.
  4. Enterprise Network
    Perusahaan besar saat ini mungkin memiliki banyak LANs dan juga mempunyai banyak WANs. Dari semua jaringan ini saling berhubungan untuk membentuk suatu enterprise network. Jadi enterprise network akan mempunyai backbone (WANs)  sebagai central network untuk bersambungan dengan beberapa jaringan lain yang lebih kecil (LANs).

Referensi :
Rainer, Prince, Cegielski. (-). Introduction to Information Systems. 05. John Willey & Sons, Inc. . ISBN: 978-1-118-80855-9.

Fransisca