School of Information Systems

Linking Business Strategy to Technologies Strategies

Setiap perusahaan pasti memiliki strategi untuk bisnisnya, karena itulah core dan tujuan utama dari proses bisnis mereka. Selain itu, bukan hanya strategi bisnis saja, tetapi dikenal juga stategi teknologi. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi sekarang sangat berkembang dan menjadi salah satu critical success factor dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Strategi teknologi adalah ketika perusahaan fokus pada teknologi yang ada pada perusahaan. Strategi tersebut harus dikendalikan, biasanya disebut dengan management of technology strategy, yaitu bagaimana mengembangkan bisnis strategi yang ada menggunakan strategi teknologi agar bias mencapai competitive advantage. Disini terjadi penyatuan dan pengintegrasian antara strategi bisnis dan teknologi sehingga keduanya dapat berjalan berdampingan, bukan masing-masing. Hal yang paling utama dan penting dilakukan adalah tahap dimana menentukan bagian teknologi mana yang harus dijadikan sebagai investasi (competitive element paling dasar dalam perusahaan).

Linking business strategy to technology strategy bukan berarti bertujuan untuk mempunyai teknologi yang super hebat, tetapi bagaimana teknologi yang sudah ada, dikembangkan agar dapat mendukung proses bisnis untuk menjalankan strategi bsisnis. Tentunya ini akan mendukung competitive advantage. Dengan mengembangkan teknoogi bersamaan dengan srategi-strategi dalam perusahaan bias dikatan pengintegrasian, sebuah hal yang sangat penting dalam efektifitas dan efisiensi bisnis proses.

Ada banyak analisis model yang dapat digunakan untuk menganalisis strategi dalam perusahaan. Beberapa contohnya adalah Boston Consulting Group (BGC) ’s Model yang menrupakan portfolio analysis matrix, A.D. Little (ADL) Model, Morin’s Model dengan technology portfolio analysis, Porter’s Model dengan five forces dan value chain-nya, dan model-model lainnya. Jadi dibutuhkan pendekatan secara structural untuk strategic management of technology.

Referensi :

Vernet, M. and Arasti, M. (1999). Linking business strategy to technology strategies: a prerequisite to the R&D priorities determination. International Journal of Technology Management, 18(3/4), p.293.

Fransisca