People Innovation Excellence
 

Push Notification

Push notification merupakan suatu pesan yang diberika oleh sebuah perusahana atau pembuat website / aplikasi yang digunakan untuk meminta izin atau mengingatkan pengguna tentang apa yang harus di perhatikan untuk menggunakan atau mengakses website / aplikasi tersebut. Pada mulanya, push notification sendiri belum terlalu terkenal dan digunakan perusahaan – perusahaan untuk kepentingan bisnis mereka. Hal ini dikarenakan belum berkembangnya teknologi dan informasi pada masa itu yang dimana push notification ini hanya dapat di temukan di website – website saja. Berikut contoh push notification pada website.

Biasanya push notification yang sering ditemui di website – website saat ingin menggunakan software flash atau allow location untuk menggunakan website -website tersebut. Tetapi lama kelamaan teknologi dan informasi sudah mulai berkembang dan kemudian perkembangan smartphone pun semakin pesat. Push notification pun masuk pada smartphone tersebut. Pada smartphone, push notification dimaksimalkan kegunaannya. Berikut contoh push notification dari website yang dimaksimalkan untuk smartphone.

Di era sekarang, push notification semakin berkembang. Banyak perusahaan – perusahaan e-commerce yang menggunakan push notification ini menjadi peluang bisnis. Bisa untuk promosi, mengirimkan update tentang e-commerce tersebut, untuk informasi, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, muncul juga beberapa puluang bisnis – bisnis dikarenakan push notification ini sendiri yaitu dengan meningkatkan engagement pelanggan.

Berikut alasan menggunakan push notification :

  1. Mendapatkan insight tentang perilaku pengguna

Push notification mampu memberi perusahaan informasi analitik tentang data terkait perilaku pengguna, mulai dari perangkat yang digunakan, bagaimana orang menggunakan aplikasi Anda, hingga situasi seperti apa yang mampu menghasilkan engagement paling tinggi.

  1. Sangat mudah untuk digunakan

Dibandingkan dengan email, push notification relatif lebih mudah ditangani oleh pengguna. Push notification hanya memberikan informasi penting yang memang dibutuhkan pengguna, membuatnya efektif dan sangat user-friendly.

  1. Meningkatkan engagement dengan pengguna.

Tidak hanya meningkatkan engagement, push notification juga mampu membantu untuk memperbaiki retensi. Misalnya, seorang pengguna sudah lama tidak membuka aplikasi perusahaan. Dengan mendapat push notification dari perusahaan, kemungkinan untuk mereka kembali menggunakan aplikasi perusahaan akan lebih besar.

  1. Pelanggan memiliki kontrol lebih

Pengguna memiliki kontrol total terhadap aplikasi mana saja yang bisa mengirimkan push notification. Mereka bahkan bisa memilih tipe notifikasi yang dikirimkan dari setiap aplikasi.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close