People Innovation Excellence
 

Big Data dan Aplikasi Business Intelligent

Jaman sekarang sudah jarang sekali orang orang menggunakan kertas untuk menyimpan data meeka, sekarang sudah jamannya orang orang menggunakan google search, barcode, dan lain sebagainya sebagai alat untuk penyimpanan, Analisa, dan maintain data.  Super computer sudah semakin berkembang menjadi sebuah teknology yang tinggi untuk infromasi real time. Sepuluh tahun belakangan ini, CPU sudah hampir menyaingi power dari otak manusia. Survey sudah dibuktikan di Global Agenda di masa depan dalam lingkungan pengguna software. Survey ini menunjukan  bahwa mesin pintar ini akan menjadi bagian dari perusahaan perusaahaan di tahun 2026 mendatang. Ini menjadi salah satu bukti bahwa di 15 tahun mendatang, pekerjaan semuanya akan berbasis computer. Dari informasi dan problem problem yang ada, semuanya dianalisis dan akan di buat lebih baikn lagi dengan mesin penyimpanan data nantinya.

Berbicara tentang kendaraan yang dapat membaca keadaan lingkungan sekitarnya dan menyesuaikan dengan lingkungan yang ada, ini sudah sangat otomatis dan bahkan seperti manusia yang mengendarainya. Ini dikarenakan adanya informasi data tentang pengalaman orang untuk membuat perjalanan lebih amann, cepat, dan efisien.

Contoh lain misalnya dengan menganalisa banyak permasalahan yang ada dari sisi kesehatan di masalah lokasi dan iklim yang berbeda, bisa membantu menentukna kondisi bagaimana yang mendukung ke efektifan sebuah treatment yang bagus dan tidaknya untuk menangani masalah kesehatan itu sendiri.

Analisa big data ini sendiri akan membuat sebuah pola dan informasi yang nantinya akan mendukung semua aktivitas manusia tetapi tidak hanay itu, Big Data juga akan memberikan detailnya lagi untuk kita. Contohnya adalah seperti informasi infromasi kita yang sangat privasi juga. Jadi  big data itu bisa jadi akan membeberkan privasi atau justru mendukung transparansi terhadap perhitungan dan kemajuan kita.

Salah satu contoh komponen penunjang big data adalah Business Intelligent, Business Intelligent ini membantu perusahaan untuk menata bisnis mereka lebih baik, ada beberapa aplikasi penunjang Business Intelligent yaitu Tableau dan PTL.

Tableau merupakan aplikasi yang dapat membantu seseorang untuk melihat dan mengerti dari informasi sebuah data. Ini merupakan intelegent business yang akan membantu perusahaan perusahaan yang ada. Mengeksplorasi dan menganalisa data dengan waktu yang cepat. Selainitu, aplikasi ini juga membantu kita untuk konetifitas ke data yang kita inginkan seperti excel, sql atau mungkin big data, cloud, dan lain lain.

Tableau membawa data kita untuk dapat dikombinasikan dan dapat digabungkan dalam satu view. Aplikasi ini di desain dengan cara kerja yang natural seperti apa yang kita bayangkan dan pikirkan. Seperti pertayaan pertanyaan dan mengganti perspektif yang lebih menarik. Ini mengubah data kita menjadi data yang powerful dan menarik untuk di baca. Dengan menggunakan tableau online, kita dapat menajga data dan share data kita secara aman, sehingga semua orang yang ada di perusahaan kita dapat saling berdiskusi di room question dimanapun dan kapanpun. Kita dapat menentukan dimanapun dan kapan pun data kita di tableu di akses dan di ubah ubah sesuai kemauan kita sendiri.

Dengan adanya aplikasi tableau, memudahkan semua orang di perusahaan dapat browsing data kita dan melihat data kita secara aman . Dengan management tools yang ada, ini memudahkan kita untuk mengkontrol apa saja yang ada pada data kita. Dari Ijin User ke konektifitas sumber data serta visibilitas yang dapat membantu kita.  Tableau juga sangan flexible, bisa digunakan untuk tim kecil atau mungkin satu perusahaan.

Yang berikutnya adalah aplikasi PTL, ilistrasi aplikasi ini yaitu seperti hidup kita yang ini terbentuk dari pilihan pilihan yang kita buat tiap momennya. Contohnya adalah seperti seseorang yang ingin pergi untuk meeting, lalu ia menggunakan GPS di mobilnya untuk mengarahkan jalan, setelah itu dia menemukan ada masalah di jalan, lalu sesudah itu dia mengabarkan agak sedikit mengalami kesulitan di jalan, namun dengan adanya GPS,  dia dapat  memilih jalan lain, sehingga dia dapat sampai tepat waktu.

PTL merupakan aplikasi yang diranang untuk Business Intelligent solution. Dalam aplikasi ini, informasi dapat dirancang agara dapat mengambil pilihannya sendiri. Dalam aplikasi ini, BI solution nya adalah dapat mengambil data dari berbagai sumber yang ada dengan visual yang sangat menarik dan kita mengerjakannya sendiri yang disebut sebagai self service environment. BI solution ini dapat meningkatkan Business Value. Mempresentasikan informasi secara cepat dengan custom infographic. Dengan adanya PTL, memudahkan dalam discovering data, meningkatkan insight ke data. BI solution ini tracks dan analyze data, profile, interest, dan lain lain.

Selain itu, PTL juga menyediakan Forum Decision Making sehingga para pengusaha dapat berkolaborasi menganalisa data relevant untuk social BI environment, PTL enterprise BI membantu membuat Business Value.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close