People Innovation Excellence
 

Apasih Perbedaan Business Analyst & System Analyst

Apasih bedanya Analis Bisnis & Analis Sistem?

Pekerjaan analis bisnis dan analis sistem sangat lah berbeda dalam kaitannya dengan skillset yang dibutuhkan walaupun mungkin ada beberapa persamaan diantara keduanya. Beberapa perusahaan berulang kali menggunakan kedua istilah ini untuk menggambarkan pekerjaan yang sama meskipun mereka berdua memiliki posisi dan deskripsi yang berbeda.

Ada banyak perbedaan antara posisi ini dan mereka menjadi lebih rumit tergantung pada perusahaan. Judul pekerjaan bukanlah satu-satunya karakteristik yang membedakannya, namun seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Tugas seorang Analis Bisnis

Keterampilan utama analis bisnis adalah mendeteksi peluang yang dapat meningkatkan operasi bisnis sambil merekomendasikan teknologi, jika perlu, untuk menghapus isu-isu yang berdampak pada pengeluaran, dan produktivitasi. Selain itu, analis bisnis juga terlibat dalam:

  • Menilai praktik bisnis sebuah organisasi apakah sudah baik atau belum
  • Membuat rekomendasi untuk perbaikan atau merekomendasikan solusi yang bisa direalisasikan dengan menggunakan teknologi yang ada atau teknologi baru
  • Menghubungkan antara pemegang saham bisnis dan manajemen, IT dan User
  • Menilai dan mengkomunikasikan kebutuhan yang diajukan oleh pemegang saham melalui penerjemahan business requirements ke Functional requirements
  • Mengelola kebutuhan stakeholder

Tugas seorang Analis Sistem

Analis sistem menggunakan sistem IT dalam sebuah organisasi untuk membantu mereka mencapai tujuan bisnis taktis mereka. Ini termasuk merancang dan mengembangkan sistem baru melalui konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras baru atau menggunakan sistem saat ini. Tugas seorang analis sistem meliputi:

  • Membahas dengan manajemen dan pengguna untuk menentukan persyaratan sistem
  • Mengidentifikasi input dan output yang akan memenuhi kebutuhan pengguna saat sistem dikembangkan
  • Dengan menggunakan prinsip-prinsip analisis terstruktur, sampling dan akuntansi untuk memastikan bahwa solusi yang ditawarkan efektif, hemat biaya dan layak secara finansial
  • Membuat diagram, diagram alir, dan spesifikasi yang akan digunakan oleh programmer
  • Mengelola aplikasi, mengkoordinasikan tes, dan mengamati kinerja sistem untuk memastikan perbaikan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close