People Innovation Excellence
 

Social Media Jakarta Smart city

Menurut Renata. P (2016,:7) smart city adalah sebuah kota yang berkinerja yang dibangun pada kombinasi kepintaran dan kegiatan mandiri yang menentukan keindependenan dan kesadaran dari warga.

Menurut Dameri (2013:1-8) Smart city adalah sebuah wilayah geografis yang didefinisikan dengan baik, di mana teknologi tinggi seperti ICT, logistik, produksi energi, dan sebagainya, bekerja sama untuk menciptakan manfaat bagi warga dalam hal kesejahteraan, inklusi dan partisipasi, kualitas lingkungan, pengembangan cerdas.

Menurut Wiwin (2014:8) Perkembangan pembangunan yang telah dicapai saat ini juga mengindikasikan adanya peningkatan pelayanan umum kepada masyarakat dengan terpenuhinya sarana dan prasarana dasar bidang pendidikan, sosial dan ekonomi masyarakat. Walaupun demikian upaya peningkatan pelayanan umum di semua sektor pembangunan harus terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Permasalahan yang muncul akhir-akhir ini seperti banjir dan macet juga harus segera dicarikan solusinya. Peningkatan layanan umum yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang semakin ditingkatkan sejalan dengan digulirkannya konsep smart city, yang terdiri dari 6 dimensi yaitu smart economy (ekonomi pintar), smart environment (lingkungan pintar), smart people (masyarakat pintar), smart life (cerdas hidup), smart mobility (mobilitas pintar) dan smart government (pemerintah pintar).

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa definisi dari Smart City adalah sebuah kota yang berkinerja yang dibangun dengan komibinasi teknologi dan kemandirian warga untuk menciptakan manfaat bagi warga dalam hal kesejahteraan, inklusi dan partisipasi publik, kualitas lingkungan, pengembangan cerdas.

Public Particiaption

Menurut Yves Bonzon (2014:23-39) semua bentuk dilembagakan interaksi dalam proses pengambilan keputusan antara organ dari lembaga publik dan aktor eksternal yang secara resmi independen dari pemerintah. Banyak aplikasi yang membutuhkan partisipasi public dalam pengembangannya salah satunya adalah Qlue.

Qlue

Qlue adalah sebuah aplikasi berbentuk sosial media untuk masyarakat agar dapat memberikan laporan apapun secara langsung kepada pemerintah maupun pihak swasta. Qlue terintegrasi dengan Jakarta Smart city untuk pelaporan segala keluhan masyarakat dan pelanggaran yang terjadi di lingkungan sekitar agar tersampaikan dan dapat ditindaklanjuti. Qlue merupakan salah satu aplikasi social media yang digunakan dalam pembangunan kota.

Social Media

Menurut Ms. Sisira Neti (2011:3) Media sosial adalah media untuk bersosialisasi. Mereka menggunakan teknologi berbasis web dengan cepat menyebarkan pengetahuan dan informasi kepada sejumlah besar pengguna. Mereka memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Facebook, Twitter, Hi5, Orkut dan situs jejaring sosial lainnya yang kolektif disebut media sosial. Sosial media merupakan alat murah yang digunakan untuk menggabungkan teknologi dan sosial interaksi dengan penggunaan kata-kata. Alat ini biasanya internet atau mobile berbasis seperti Twitter, Facebook, MySpace dan YouTube.

Ada dua manfaat dari media sosial yang penting bagi bisnis, mereka termasuk: Pengurangan

  1. Biaya dengan mengurangi waktu staff.
  2. Meningkatkan probabilitas dari generasi pendapatan.

Sosial media memungkinkan perusahaan untuk:

  • Bagi keahlian dan pengetahuan mereka.
  • Tekan ke kebijaksanaan konsumen mereka.
  • Memungkinkan pelanggan membantu pelanggan.
  • Terlibat prospek melalui penginjilan pelanggan.

Qlue sebagai social media juga berfungsi sebagai aplikasi pengaduan ke pemerintah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close