People Innovation Excellence
 

Tingkatkan Kesehatan Mental Dengan Rajin Menabung

Seperti semua yang kamu tahu, menabung akan menambah pundi-pundi uang. Lalu apakah uang-uang yang menumpuk di tabungan itu tak memperngaruhi kepribadianmu? Atau bagaimana cara kamu memandang hidup dan tingkat stres. Jika kamu adalah orang yang sudah terbiasa menabung, maka tentu sudah merasakan efek psikologis dari menabung.

Nah jika kamu belum mulai menabung, alasan kesehatan mental yang diungkapkan psikolog akibat dari menabung ini bisa jadi semangat buat diri sendiri untuk mulai melakukan hal tersebut. Apa saja? yuk simak.

  1. Menumbuhkan Disiplin

Tabungan di bank yang bertambah tiap bulan dengan jumlah yang sama tidak terjadi begitu saja tanpa direncanakan. Kamu harus waspada karena segala aspek kehidupan yang sifatnya konsumtif disekeliling kamu. Sebagai contoh, ketika menggunakan Kartu Kredit, mau beli apa saja tinggal gesek jika tergoda. Namun, dengan ketaatan kamu pada kebiasaan menabung, dan bisa menolak berbagai kemudahan belanja dengan hanya ‘tinggal gesek’. Itu berarti kita telah menumbuhkan budaya disiplin pada hidup.

Faktanya, jika kamu secara rutin menerapkan disiplin diri pada kehidupan. Pada akhirnya itu akan berpengaruh pada acara kita mengelola hidup dan kebutuhan di masa depan.

  1. Memberi Ketenangan Pikiran

Bayangkan jika kamu tengah dalam kondisi berutang, apa yang kamu rasakan? Tentu tidak enak buka. Contoh lainnya, jika kamu saat akhir bulan kehabisan uang? Pastinya nanti akan kepikiran dan stress bukan?.

Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita mempunyai tabungan. Di mana kamu tak perlu mengalami stress karena keuangan yang tidak sehat. Pikiran pun juga akan lebih tenang karena kebutuhan hidup dalam beberapa waktu ke depan pun dapat terjamin dengan uang tabungan yang sudah tersimpan.

  1. Rasa Percaya Diri Jadi Meningkat

Kalau kamu berhasil menabung, maka akan merasa lebih merasa percaya diri. Pertama, kamu bisa dengan yakin bahwa suda bisa mencapai beberapa tujuan masa depan karena kondisi keuangan yang sehat. Kedua, uang yang kamu miliki bisa dipergunakan sebagai modal mencapai cita-cita di masa depan. Entah menikahi pasangan atau menempun pendidikan yang lebih tinggi. Mau merasakannya?

  1. Menjadi Lebih Tegas

Jika sudah memiliki tingkat kepercayaan diri atas tujuan – tujuan masa depan kamu, maka bisa dipastikan kita bisa menjadi pribadi yang lebih tegas atau asertif. Maksudnya adalah kita bisa mengambil keputusan strategis untuk masa depan. Misalnya, kita sedang mengejar promosi karir atau tempat kerja yang lebih baik, mengencani lawan jenis kamu, ataupun berkerja maksimal untuk impian-impian lainnya.

  1. Lebih Optimis

Kamu akan jadi pribadi yang sinis dalam situasi ketika merasa sudah bekerja keras tapi penghasilan yang didapat tak bisa menutupi kebutuhan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan menabung, seberapa kecilpun nilainnya, akan secara signifikan meningkatkan tingkat optimisme seseorang.

Bayangkan kalau kamu mengetahui tabungan di bank meningkat setiap bulannya. Pasti itu akan memberi kamu pandangan bahwa hasil kerja keras yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

  1. Menumbuhkan Rasa Sayang

Orang yang gemar menabung dalam hatinya akan mudah menumbuhkan kasih sayang. Hal ini bisa terjadi karena kita akan punya ruang di hati yang lebih besar pada pasangan tanpa mengkhawatirkan situasi keuangan yang krisis.

Kamu juga bisa menjadi pribadi yang seperti itu, sehingga akan punya ruang dan waktu lebih untuk melihat kondisi sekitar. Orang-orang kaya cenderung dermawan karena hal ini, mereka bisa menumbuhkan perasaan kasih sayang untuk sesama mereka.

  1. Perasaan Bebas

Kalau kamu tipikal orang yang konsumtif, maka ada kemungkinan di masa depan akan mengalami potensi terjebak utang. Alihkan belanja-belanja yang tak perlu untuk masuk ke dalam tabungan bulanan. Efeknya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bebas, tanpa takut harus berutang tiap akhir bulan atau terjebak dengan tingkat bunga kartu kredit.


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close