School of Information Systems

Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Saat ini banyak sekali promo dari kartu kredit yang mengumbar cicilan 0% baik itu untuk produk fashion, elektronik hingga tiket pesawat. Ketika Anda berbelanja di toko supermarket besar banyak dipasang standing banner promo program tersebur yang berukuran cukup besar. Sudah pasti ada banyak orang yang akan tertarik dengan promo tersebut, bahkan mungkin Anda sendiri. Anda akan berpikir akan sangat menguntungkan jika membeli barang dengan harga cash tetapi pembayarannya bisa dicicil 12X tanpa ada tambahan sama sekali.

Ini seperti membeli barang secara kredit, tetapi tanpa dikenakan bunga. Dengan mengikuti program ini uang jatah bulanan Anda tidak akan terkuras habis, dan tabungan masih utuh. Misalnya Anda ingin membeli HP dengan harga Rp6 juta, sedangkan gaji Anda cuma Rp2 juta. Dengan gaji sebulan cuma Rp2 juta, Anda terpaksa harus mengambil tabungan jika ingin membeli secara tunai. Sedangkan bila membeli HP tersebut secara kredit, harga ponsel Rp6 juta bisa menjadi Rp8 juta pada total akhir cicilan. Tetapi dengan program cicilan 0% kartu kredit, ponsel harga Rp6 juta dapat Anda cicil 6X, dengan cicilan per bulan sebesar Rp1 juta. Jadi, tinggal sisihkan Rp1 juta dari gaji setiap bulan, dan tidak perlu lagi mengambil tabungan. Keren bukan, Anda bisa membeli ponsel baru secara kredit tetapi dengan harga tunai dan tabungan Anda tetap utuh.

Tetapi Anda jangan terburu buru mengambil program cicilan 0% kartu kredit tersebut, jika Anda belum mengerti apa itu cicilan 0% itu?  Serta bagaimana cara mendapatkan cicilan 0% itu?

Pengertian Cicilan 0%

Cilcilan 0% adalah sebuah skema cicilan yang memperbolehkan Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian. Nah, cicilan 0% memungkinkan angsuran tersebut dicicil tanpa adanya bunga atau yang disebut bunga 0%. Jadi selama periode cicilan, Anda tidak akan ditagih bungan sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut.

Cara kerja Cicilan 0%

Ketika Anda akan membeli sebuah barang dengan program cicilan 0%, maka jumlah uang yang ditagihkan pada Anda tidak akan berubah. Sebagai contoh, apabila Anda membeli sebuah barang dengan harga 12 juta rupiah dan Anda memilih untuk melunasi jumlah tersebut selama 12 bulan, maka perbulannya Anda akan ditagih sebesar satu juta rupiah. Tidak akan ada bunga yang ditagihkan pada Anda.

Setelah tagihan tersebut datang pada Anda, maka Anda wajib melunasi cicilan perbulannya tepat pada waktunya. Pastikan jumlah uang yang Anda bayar sesuai dengan tagihan yang Anda kehendaki di awal transaksi. Seperti contoh di atas, jika Anda membayar sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan, maka Anda hanya harus membayar sebesar satu juta rupiah. Apabila Anda telah melewati waktu atau jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit.

Kemudian, pastikan bank yang Anda gunakan atau bank penerbit kartu kredit telah banyak bekerja sama dengan toko-toko atau vendor yang menawarkan cicilan 0% tersebut, sehingga Anda bisa menikmati program menarik ini.

Cara Mendapatkan Cicilan 0%

Biasanya toko-toko yang menawarkan program cicilan 0% memasang tAnda atau papan pengumuman yang menunjukkan bahwa toko tersebut bekerja sama dengan pihak bank untuk menjalankan cicilan 0%. Agar Anda tahu lebih banyak, ada baiknya Anda memeriksa lewat internet mengenai toko atau produk apa saja yang bekerja sama dengan bank Anda dalam menawarkan cicilan 0%

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu barang, sebaiknya Anda memeriksa dulu beberapa persayaratan dan ketentuan yang harus Anda penuhi dalam menjalankan program cicilan 0%. Ada beberapa syarat yang umumnya diberlakukan oleh tiap bank yaitu:
– Barang yang akan dibeli termasuk ke dalam promosi yang bisa menggunakan cicilan 0%
– Terdapat minimal pembelian yang harus dipenuhi oleh pembeli untuk mendapatkan program cicilan 0%
– Jangka waktu yang ditawarkan biasanya dipilih antara 3, 6 atau 12 bulan
– Untuk beberapa bank akan ada biaya administrasi yang dikenakan dalam program tersebut

Setelah Anda setuju atau telah memenuhi syarat yang diajukan untuk mengikuti program cicilan 0% yang diminta, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda seperti biasa. Pastikan bahwa Anda telah mengajukan permintaan program cicilan 0% sebagai metode pembayaran. Setelah adanya kesepakatan antara Anda dengan pihak toko, maka Anda sudah sah menggunakan program cicilan 0% tersebut. Yang perlu Anda ingat adalah untuk membayar tagihan berikutnya tepat pada waktunya.

Manfaat Cicilan 0%

Manfaat dari cicilan 0% bisa dibagi menjadi dua. Manfaat itu adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. Manfaat langsungnya adalah Anda dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode waktu yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga dirasa lebih ringan dan konsumen merasa diuntungkan.

Manfaat tidak langsungnya adalah konsumen bisa menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanjaan suatu barang pada sebuah investasi. Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi seperti membeli emas, atau barang-barang investasi lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Selain itu sebaiknya Anda pelajari dan pertimbangkan dulu hal hal berikut ini :

  1. Perhatikan Tempat Yang Menyediakan Program Cicilan 0%

Anda ingin membeli barang dengan menggunakan program cicilan 0% agar lebih ringan dari pada membeli secara tunai. Anda langsung saja datang ke toko yang menjual barang kebutuhan Anda tersebut, yang memasang banner promo program cicilan 0%, kemudian tanyakan terlebih dahulu apakah program tersebut masih berlaku. Misalkan Anda ingin membeli mesin cuci dengan program cicilan 0%, pergilah ke toko elektronik yang memasang promo program cicilan 0% tersebut. Tanyakan apakah promo tersebut masih berlaku atau sudah habis masa berlakunya. Terkadang ada beberapa toko yang masa berlaku promo tersebut sudah berakhir, namun banner promo tersebut belum dilepas.

Atau tanyakan ke bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut, toko elektronik mana saja yang menjual mesin cuci dengan program cicilan 0%. Jika ada 2 atau lebih toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan program cicilan 0%, Anda dapat kunjungi mereka semua kemudian bandingkan harga jualnya. Mungkin saja mesin cuci dengan merek yang sama dijual dengan harga yang berbeda antara 1 toko elektronik dengan toko elektronik lainnya. Anda tinggal pilih toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan harga termurah. Dengan demikian Anda akan lebih hemat lagi, karena semua toko elektronik tersebut menawarkan program cicilan 0%.

  1. Hati-Hati Dengan Biaya Ekstra

Setiap promo pasti ada syarat dan ketentuan berlaku, tidak terkecuali promo program cicilan 0%. Biasanya ada biaya administrasi dan pajak yang harus ditanggung, untuk dibayarkan ke bank penerbit kartu kredit. Namun jumlahnya kecil, sekitar 3-4% dari total transaksi yang harus dibayar. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, sebaiknya Anda melakukan negosiasi dengan toko tentang siapa yang harus menanggung biaya administrasi ini.

Setiap toko punya peraturan yang berbeda beda mengenai biaya administrasi ini, ada beberapa toko yang bersedia menanggung biaya administrasi ke bank penerbit kartu kredit. Pilihlah toko yang bersedia menanggung biaya administrasi tersebut, sehingga Anda bisa lebih berhemat lagi dalam membeli barang baru.

  1. Jangan Lupa Bayar Tepat Waktu

Setelah Anda menentukan pilihan toko yang menjual barang paling murah dan yang bersedia menanggung biaya administrasi ke bank penerbit kartu kredit. Perhatikan serta ingat ingat jumlah tagihan Anda dan tanggal jatuh temponya. Jangan sampai lupa dan terlambat dalam membayar tagihan kartu kredit Anda.

Apabila Anda sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit, Anda pasti kena denda. Besarnya denda yang harus dibayar masing masing bank berbeda, tergantung kesepakatan awal Anda dengan pihak bank. Jika terkena denda sia sia saja program cicilan 0% Anda, karena Anda harus mengangsur tagihan dengan tambahan denda. Padahal program ini memberikan Anda kemudahan mengangsur tanpa ada tambahan biaya apapun. Sehingga dengan membayar tepat waktu, cicilan 0% Anda akan tetap 0% tanpa ada tambahan biaya apapun juga.

Pintar dalam Berbelanja

Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan program cicilan 0%, memang memudahkan Anda untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Namun program cicilan 0% ini ibarat pedang bermata dua, khususnya yang tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja, Anda harus tetap cermat dalam berbelanja. Jangan sampai terbawa suasana dan menuruti hawa nafsu, sehingga membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Mau irit malah harus menanggung beban cicilan banyak hal sekaligus setiap bulan.

Pahami dan teliti kembali syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh bank penerbit kartu kredit dan pihak penjual. Terakhir jangan sampai lupa membayar tagihan tepat waktu setiap bulan, jangan sampai niat awal ingin hemat dengan cicilan 0%, justru pembengkakan tagihan kartu kredit yang didapat. Saatnya berbelanja dengan cermat. Selamat belanja dan nikmati program cicilan 0% kartu kredit.

I Gusti Made Karmawan