School of Information Systems

USECASES DI DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM (PART 4)

Didalam sebuah use case berisi urutan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh system untuk menyelesaikan suatu proses bisnis. Selain berisi urutan langkah proses, didalam sebuah use case mungkin juga mempunyai beberapa variasi dari langkah-langkah bisnis. Misalkan, dari gambar 21 diatas, use case Create new order” akan memiliki aliran kegiatan yang berbeda untuk setiap actor yang memanggil use case tersebut. Lebih jelasnya lagi, use case Create new order” melalui telepon akan memiliki proses yang berbeda dengan use case Create new order” melalui internet. Setiap aliran kegiatan adalah sebuah urutan untuk use case Create new order’. Uraian dari contoh tersebut disebut dengan skenario. Dengan demikian, skenario adalah kegiatan internal yang unik dalam use case dan merupakan jalur unik use case. Untuk memperjelas proses bisnis yang ada di use case, seorang sistem analist harus menggabungkan use case dengan berbagai diagram dan deskripsi. Kalau menggunakan deskripsi use case, biasanya deskripsi tersebut ditulis pada tiga tingkatan yang terpisah, yaitu :

  • Brief description

Brief description digunakan untuk menjelaskan aktifitas yang ada didalam use case. Tidak perlu dengan penjelasan yang detail dan rumit, cukup dideskripsikan dengan sederhana saja.

  • Intermediate description

Penggunaan intermediate description untuk memperluas/mendetailkan penjelasan singkat yang ada di brief description, dimana deskripsi ini berguna untuk memasukkan aliran kegiatan internal dari Use Case. Intermediate description yang pertama melibatkan seorang pegawai menggunakan telepon dan yang kedua melibatkan seorang pelanggan menggunakan Internet. Dalam banyak hal, penjelasan ini menyerupai jenis tulisan yang disebut structured English (pada pendekatan terstruktur), yang dapat mencakup urutan, keputusan, dan blok pengulangan.

  • Fully developed description.

Fully Developed Description menghasilkan pemahaman yang paling lengkap tentang proses bisnis dan sistem pendukung.

 

Sugiarto Hartono