School of Information Systems

SALES SERVICE (Part 1)

Sales Services merupakan wujud dari berbagai macam proses yang digunakan untuk membangun tingkat kepuasaan Customer terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi/perusahaan. Tingkat kebutuhan dan dan permintaan dari Customer harus bisa terpenuhi melalui proses ini, Pada akhirnya, Sales Services akan membantu perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang tersebar melalui m2m (mouth to mouth) setelah mendapatkan hasil atau reaksi yang positif dari Customer.

Inti dari Sales Services adalah untuk memastikan produk atau jasa yang ditawarkan sesuai, atau bahkan lebih dari ekspektasi dari Customer.

Didalam Sales Services, terdapat berbagai aktivitas yang dapat mengetahui apakah Customer puas atau senang dengan produk. Ini merupakan aspek dari Sales Management yang tidak boleh dilewati oleh suatu organisasi.

Memang ada banyak sekali manfaat bagi organisasi yang memakai Sales Services, namun disini saya ingin menyimpulkan 5 manfaat terbesar bagi organisasi dalam penerapan Sales Services.

  1. Competitive Advatages

Organisasi dapat menawarkan servis yang tidak bisa atau belum dilakukan oleh kompetitor.

  1. Differentation

Design package dari servis yang ditawarkan agar berbeda dengan yang lain dan memiliki keuntungan dalam kompetisi pasar.

  1. Customer Satisfaction

Kepuasan Customer yang didapat merupakan nilai tersendiri bagi brand yang ditawarkan serta organisasi yang menawarkan. Intinya reputasi brand akan meningkat.

  1. Customer Loyalty

Customer yang puas dan senang memiliki peluang yang tinggi untuk memperbarui/membeli produk/jasa organisasi kembali, serta merekomendasikan brand organisasi kepada rekannya.

  1. Increase in Profit

Kepuasan Customer akan meningkatkan tingkat pemakaian produk/jasa, Conversion Rates, dan nilai rata-rata pemesanan.

Sugiarto Hartono