School of Information Systems

7FE Framework BPM (Part 1)

-. Foundation : Untuk mengarahkan dan mengatur proses didalam suatu organisasi agar tercapainya suatu strategi informasi, visi, tujuan dari bisnis tersebut.

-. Enablement : Menetapkan aturan dan model untuk pelaksanaan perancangan BPM unutk di implementasi di dalam perusahaan unutk memenuhih strategi organisasi.

-. Launch Pad ada 3 bagian diantaranya :

  • Pemilihan penempatan dari mana untuk memulai aktivitas dari BPM didalam suatu organisasi.
  • Penyetujuan proses dari segi tujuan dan visi yang sudah dipilih.
  • Pembentukkan dari aktivitas yang sudah dipilih

Proses dari suatu tujuan, visi, dan misi yang di tetapkan harus sesuai dengan apa perencanaan yang sudah ditetapkan oleh strategi dari bisnis yang kita bangun untuk memaksimalkan keberhasilan proyek yang dikerjakan.

-. Understand : Memahami suatu proses bisnis untuk dapat berinovasi suatu bisnis proses yang sedang kita bangun dengan cara menganalisis akar masalah dan mengidentifikasi kemungkinan quick wins, Karena bisnis tidak akan dan tidak menyediakan dana tak terbatas untuk perbaikan bisnis proses. Situasi yang idel untuk aktivitas BPM adalah dengan self funding karena keuntungan yang dibuat oleh pelaksanaan ini menjadi cepat.

-. Innovate : didalam fase proyek yang kreatif dan seringkali jadi yang paling menarik. Seharusnya tidak hanya melibatkan tim proyekdan bisnis, tetapi tetapi juga pemangku kepentingan yang relevan – baik internal maupun eksternal. Setelah berbagai pilihan proses baru telah diidentifikasi, mungkin ada kebutuhan lain untuk menjalankan simulasi, kelengkapan biaya berdasarkan aktivitas, perencanaan kapasitas perilaku dan penentuan kelayakan implementasi untuk memungkinkan finalisasi opsi yang terbaik. Metrik tambahan harus diselesaikan untuk memungkinkan perbandingan dengan metrik awal selama Understand fase. Mungkin quick wins tambahan akan diidentifikasi dan diprioritaskan dalam bisnis.

-. Develop

Fase ini terdiri dari bangunan dari semua komponen untuk pelaksanaan proses baru. Penting untuk memahami bahwa ‘membangun’, dalam konteks ini, tidak berarti bangunan sebuah IT sistem. Ini bisa melibatkan pembangunan seluruh infrastruktur (deskPC movements, bangunan, dll) untuk mendukung orang yang mengubah program manajemen dan perubahan dukungan dari orang-orang yang melaksanakan proses. Hal ini juga melibatkan pengujian perangkat lunak dan perangkat keras.

Sugiarto Hartono