School of Information Systems

E-HEALTH: SIM RUMAH SAKIT

Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan andal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Pada level apapun suatu rumah sakit pasti telah mempunyai e-health dalam arti hanya komputerasi manual. Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen bagian penting dalam mendukung layanan rumah sakit kepada para pasiennya. Tentu saja pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, data kurang akurat,dan kemungkinan terjadinya kesalahan pengolahan sangat besar.

Penerapan suatu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan solusi penerapan teknologi Informasi bidang kesehatan, yang mampu mengelolaan data dan menyajian informasi degan baik untuk mendukung kegiatan rumah sakit. Sistem ini diharpakan dapat mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan rumah sakit itu dalam suatu jaringan koordinasi sejak pelaporan dan proses administrasi dan penyediaan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Tentu sistem ini harus berbasis komputer merupakan sarana pendukung utama sistem. Banyak rumah sakit yang menggunakan administrasi  konvensional merasa kehilangan peluang memperoleh keuntungan-keuntungan akibat  lemahnya atau lambatnya koordinasi antar departemen maupun kurangnya dukungan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi.

Sistem informasi rumah sakit yang ideal harus mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen rumah sakit. Lalu apa manfaatnya SIMRS?. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh pada penerapan SIMRS adalah kecepatan penyelesaian pekerjaan-pekerjaan administrasi rumah sakit (pengadaan barang atau alat kesehatan), kecepatan dalam melacak data pasien baik data rekam medis, maupun data history kesehatan yang diperlukan pada proses diagnosis, kecepatan pelayanan (untuk menyelesaikan administrasi rawat inap ataupun rawat jalan), kecepatan dalam penysusn laporan bagi manjemen rumah sakit. Secara umum, SIMRS dapat meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga standar praktek medis yang baik dan benar, menjadi alat koordinasi yang sangat efektif,  mendukung fungsi kontrol yang konsisten, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan rumah sakit.

Suroto Adi, Drs., M.Sc.. D.M.S