School of Information Systems

Karakteristik mobile e-commerce

Tentu e-commerce sudah bukan menjadi hal baru lagi di era internet seperti sekarang. Terutama, di era millennium seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi salah satu hal yang hampir pasti dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya dalam mempermudah komunikasi, smartphone juga menjadi salah satu channel tertinggi dalam mengakses web atau aplikasi e-commerce.

Mobile e-commerce akan melengkapi internet e-commerce saat ini dengan menyediakan pengamanan sarana transaksi keuangan yang menjadi salah satu elemen krusial dalam jual-beli. Berdasarkan data yang dilansir dari TechInAsia.com, jumlah penduduk Indonesia yang melakukan pembelian dengan menggunakan perangkat mobile atau smartphone selama 30 hari terakhir di tahun 2016 mencapai 20% dan diperkirakan akan terus meningkat. Selain mempermudah dan memperkecil jarak ruang dan waktu antara penjual dan pembeli, mobile e-commerce memiliki beberapa karakteristik lain, yaitu :

  • Ubiquity

Ubiquity yang dimaksud dalam konteks ini adalah ketika pengguna smartphone atau pengguna perangkat mobile dapat menggunakan perangkatnya kapanpun dan di lokasi manapun. Ubiquity meningkatkan kesegeraan dari komunikasi dan bernilai sama bagi bisnis secara keseluruhan (jual beli di marketplace) maupun bagi konsumen secara pribadi.

  • Convenience

Pengguna akan memiliki akses instan terhadap layanan finansial yang dikenal dengan nama internet banking untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang dilakukan di dalam aplikasi atau web e-commerce kapanpun dan dimanapun.

  • Localization

Hal ini akan didasarkan pada lokasi perangkat dan penggunanya. Dikarenakan sifat smartphone atau mobile device lainnya yang mudah berubah letaknya seiring dengan penggunanya, maka karakteristik ini harus didukung oleh fitur GPS (Global Positioning System), sehingga lokasi pengguna dapat diketahui dan memungkinkan untuk menambah layanan berdasarkan lokasi bagi penjual. Misalnya, mengirimkan SMS ketika GPS melacak perangkat user ada dalam radius 1 kilometer dari toko.

  • Privacy dan Security

Selain kenyamanan dan kemudahan yang didapatkan pihak pembeli dalam segi akses dan transaksi, terdapat resiko terkait informasi data diri pengguna mobile device. Keamanan yang sudah dijaga sedemikian rupa dari pihak internet banking maupun pihak e-marketplace kadang masih dapat dijebol dengan mudah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan mengambil keuntungan pribadi. Oleh karena itu, diharapkan user tetap berhati-hati dalam mencantumkan informasi pribadi, terutama letak geografis karena merupakan informasi yang cukup rawan.

Maria Theresa Viega