School of Information Systems

Membuat presentasi yang menarik ?

Dalam mengikuti sebuah kompetisi diperlukan kemampuan untuk melakukan presentasi keahlian atau solusi anda kepada orang-orang yang akan melakukan penilaian. Tetapi selain kemampuan untuk menyampaikan yang baik, tentunya juga dibutuhkan kemampuan untuk membuat presentasi yang menarik dan tidak membosankan yang akan membantu anda untuk menyampaikan pendapat anda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Richard E. Mayer dari University of California, dapat disimpulkan beberapa panduan untuk membuat presentasi yang baik.

  1. Pergunakan gambar dengan tulisan seperlunya

Slide yang berisi banyak tulisan dengan font yang kecil tentunya akan sulit untuk dibaca oleh orang-orang yang duduk cukup jauh dari layar presentasi. Karena itu pergunakanlah gambar yang sesuai dan menggambarkan poin yang akan anda sampaikan, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, gambar akan membantu seseorang untuk lebih mudah dalam mengingat hal yang disampaikan kepada orang tersebut. Selain itu, ketika anda membuat seseorang harus mendengarkan dan membaca tulisan pada waktu yang sama, maka orang tersebut akan kehilangan konsentrasi dan fokusnya.

  1. Fokus pada satu poin per slide

Untuk memastikan bahwa apa yang anda sampaikan diterima dengan baik dan dapat diikuti oleh orang-orang yang mendengarkan anda, maka anda perlu membuat alur pembahasan dari awal presentasi hingga akhir. Agar mudah untuk diikuti, maka setiap slide perlu berfokus hanya pada satu hal saja agar tidak membingungkan. Dalam menyampaikan poin anda, maka akan lebih baik juga untuk menekankan poin-poin penting dengan memberikan warna tulisan atau ukuran tulisan yang berbeda, karena akan lebih mudah untuk fokus pada satu hal jika hal itu ditekankan dalam slide.

  1. Hindari penggunaan bullet points

Untuk menyampaikan beberapa hal dalam satu kategori mungkin akan memudahkan untuk memberikan bullet points. Tetapi, bullet points memiliki beberapa kekurangan karena bentuknya yang tidak terlalu bagus, mendorong anda untuk meletakkan lebih dari satu poin per slide, dan membuat anda cenderung untuk membaca tulisan yang ada pada slide anda. Jika anda membaca tulisan sesuai dengan slide dan orang-orang yang mengikuti presentasi anda membaca dan mendengarkan hal yang sama dari presentasi, maka hal ini dapat menyebabkan informasi yang diterima lebih sulit untuk dicerna.

  1. Buat presentasi yang sederhana dan tidak berlebihan

Sampaikan hal-hal penting tanpa menambahkan hal-hal yang bukan merupakan fokus dari presentasi anda. Informasi akan lebih mudah diterima oleh pikiran ketika informasi yang disampaikan tidak termasuk informasi-informasi tambahan yang sebenarnya tidak berhubungan. Animasi, transisi slide, dan template yang sama dari awal hingga akhir presentasi adalah hal-hal yang harus dihindari. Animasi dan transisi yang terlalu berlebihan dapat memecah konsentrasi seseorang sedangkan template yang redundan dapat membuat pikiran menjadi bosan dan tidak tertarik lagi untuk mendengarkan sisa dari presentasi.

Sashkia Dewi Ali