School of Information Systems

PERANCANGAN PENGEMBANGANE-COMMERCE BERBASIS WEB PADA PT.TOKOWISH

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem yang dapatmembantu kegiatan penjualan produk pada PT. Tokowish secara keseluruhan, sepertipencatatan pesanan, konfirmasi pembayaran, dan lainnya. Metode Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif, dimana pendekatan SWOT dan five force model digunakanuntuk mengembangkan strategi, dan rumus dari Yamane digunakan untuk menentukanskala sample pada responden. Pengambilan sample responden tersebut bertujuanmendapatkan data untuk menguji rancangan, design,dan mengukur kualitas website.Selanjutnya, metode 7c framework digunakan sebagai panduan untuk mengetahuikebutuhan sistem dan Object-Oriented Analysis and Design (OOAD) serta 8 goldenrules digunakan sebagai panduan untuk melakukan design User Interface website padaPT Tokowish, dengan harapan sistem tersebut dapat mengatasi permasalahan yang ada,serta memenuhi kebutuhan konsumen dan juga perusahaan.

 Kata Kunci :: E-Commerce, Website Quality, Information Quality, Analisa Korelasi Spearman,OOAD, Object-Oriented Analysis and Design.

PENDAHULUAN

E-Commerce merupakan salah satu pemanfaatan teknologi komunikasi Internet, untuk mendukung proses bisnis dalam bidang perdagangan yang paling popular pada saat ini. memiliki jumlah pertumbuhan penggunanya dua kali lipat dari jumlah pelaku usaha (Connolly, 2006), meliputi segala aktifitas yang meliputi pembelian, penjualan, retur, service, dan informasi dengan jaringan computer terutama dengan Internet  (Turban, 2007). Dengan memiliki kelebihan melampaui keterbatasan ruang dan waktu yang sering di alami pada metode penjualan dan pembelian secara fisik. Sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan proses bisnis tanpa batas dan tanpa harus secara face to face (Chaffey, 2009). keuntungan dari E-Commerce adalah kemudahan mencari produk, lebih dekat dengan pelanggan, dan melampaui batasan geografis (IJARCCE & Niranjanamurthy M, 2013).

E-Commerce membantu menciptakan efisiensi dalam beragam sektor seperti penawaran , mencegah terjadinya inventory berlebih, hingga menghindari keterlambatan pengiriman (Irmawati, 2011). hal tersebut membantu perusahaan untuk memiliki kualitas kinerja yang lebih baik. Menurut Paul Srivorakul Group CEO aCommerce & Executive Chairman Ardent Capital, pada tahun 2015 di Indonesia E-Commerce yang berfocus pada B2C telah di dominasi oleh perusahaan – perusahaan berkantong besar (Pratiwi, 2015), hal tersebut menunjukan ketatnya persaingan E-Commerce yang berfocus pada B2C di Indonesia.

Teknologi E-Commerce dengan benefit yang seperti di sebutkan di atas, merupakan teknologi yang penulis ingin implementasikan pada PT.  TOKOWISH, penggunaan teknologi Internet dan sosial media telah dianggap sebagai pasar dan perluasan dalam saluran distribusi informasi yang cukup menjanjikan, dan terbukti efektif meningkatkan promosi, penjualan dan menjangkau pelanggan tanpa batasan ruang regional.

Gambar 2 Table Jumlah pencarian kata

Sumber : wordtracker.com, Desember 2015

Gambar 3 Table Jumlah pencarian kata Merk UNICASE

Sumber : wordtracker.com, Desember 2015

Gambar 4 Grafik Trend pencarian kata Merk UNICASE

Sumber : Google.com/trends, Desember 2015

Terlampir table dan grafik pada Gambar 2,3, dan 4 yang membuktikan animo pelanggan internet dalam melakukan pencarian terhadap produk serta merk dagang dari PT. Tokowish, beserta trend pencarian yang semakin meningkat hingga 2015 berdasarkan analisa google trend yang membuktikan kesiapan pelanggan luas dalam penggunaan internet untuk menjadi salah satu media penjualan.

Mengingat pada awal di dirikannya  TOKOWISH pada tahun 2010 sebagai sebuah usaha yang menjual bermacam aksesories gadget selain memiliki toko fisik, namun juga melakukan pemanfaatan sosial media untuk sebagai media pendekatan penjualan kepada masyarakat yang lebih luas.

Gambar 5 Lampiran kekecewaan reseller dari sosial media

Sumber : wawancara, Desember 2015

Terlihat pada gambar 5 dimana terlampir bukti masih terdapatnya kekecewaan oleh rekan b2b, dikarenakan kurangnya kecepatan respon terhadap laporan konfirmasi oleh admin. Lampiran tersebut menunjukan hasil wawancara serta observasi terhadap jumlah pelanggan b2b yang aktif dalam transaksi menggunakan internet sebagai media komunikasi dan pemesanan terutama sosial media, yang menggambarkan kesiapan pelanggan B2B untuk bertransaksi menggunakan E-Commerce. kemudian menurut hasil wawancara yang telah di lakukan adalah adanya permasalahan dalam pemenuhan permintaan secara B2B.

PT. Tokowish sebagai salah satu pemasok yang membawa lebih dari 100 agen reseller, yang tersebar di berbagai wilayah dan kota di Indonesia secara B2B memiliki volume pemesanan yang tinggi. kemudian dalam transaksinya di handle oleh beberapa individu dalam struktur organisasi yang berperan sebagai sales maupun kepala toko di 8 cabang berbeda .

Diperlukan integrasi dalam perusahan untuk mengambil keputusan dalam hubungan B2B, branding dan positioning, menjaga benefit yang cenderung bersifat intaginble, kredibilitas untuk membentuk sustainable competitive advantage menurut (Amalia E. Maulana, 2005). maka perlu di maksimalkan peluang yang ada untuk berfokus pada development E-Commerce untuk B2B dan untuk menghasilkan order manajemen dan order Fulfilment yang lebih baik, otomatis, dan tercatat (J. Botha & Geldenhuys, 2005).

Dengan kesadaraan bahwa pelanggan merupakan target utama dalam distribusi produk setiap usaha, pihak manajemen usaha harus mampu untuk merangkul rekan bisnis dan juga pelanggan, yang bertujuan untuk menghasilkan efisiensi dalam rantai penyampaian produk, yang berimplikasi pada pelanggan tersebut menjadi loyal terhadap  Tokowish.

  1. Analisis Strategi

Tabel 1 Matriks QSPM PO Duta Bangunan

  Alternatif Strategi
1 2
Faktor kunci Bobot AS TAS AS TAS
Kekuatan  
Memiliki 8 Gerai  Tokowish dengan reputasi yang baik 0.058 3 0.174 2 0.116
Pemilik perusahaan yang sudah lebih dari 10 tahun bermain dibisnis ini 0.056 3 0.168 2 0.112
Harga produk yang kompetitif 0.059 2 0.118 2 0.118
Memiliki pelanggan tetap 0.072 3 0.216 3 0.216
Memiliki lebih dari 2.000 followers aktif pada Instagram dan sudah mulai dikenal dari segi nama dan produk. 0.177 4 0.708 4 0.708
Kelemahan
Tidak memiliki Database Pelanggan 0.138 4 0.552 4 0.552
Pencatatan transaksi masih manual 0.106 4 0.424 4 0.424
Sistem pelayanan pelanggan yang kurang baik 0.107 2 0.214 2 0.214
Kurangnya aktivitas pemasaran produk 0.113 4 0.452 2 0.226
Tidak memiliki website 0.114 2 0.228 3 0.342
Total 3.254   3.140
Peluang
Perkembangan Internet di Indonesia 0.153 3 0.459 1 0.153
Adanya pemasok yang memasok barang 0.076 3 0.228 3 0.228
Meningkatnya populasi pengguna ponsel smartphone di Indonesia 0.168 4 0.672 3 0.504
Jasa cargo pengiriman barang yang terpercaya 0.076 4 0.304 3 0.228
Perkembangan metode pembayaran e-banking di Indonesia 0.114 2 0.228 3 0.342
Ancaman
Harga beli produk dari pemasok yang dipengaruhi krus dollar 0.076 1 0.076 1 0. 076
Kurangnya kepercayaan pembeli pada pembelian secara online 0.076 1 0.076 1 0. 076
Persaingan dengan perusahaan sejenis 0.076 1 0.076 1 0. 076
Tren variasi aksesoris yang terus berubah 0.077 2 0.154 2 0.154
Banyaknya aksesoris branded palsu 0.076 2 0.152 2 0.152
Total 2.425   1.989

Keterangan:    

1    =      Membangun sistem E-Commerce b2b untuk penjualan dan penerimaan pesanan untuk mendukung proses bisnis berjalan perusahaan sebagai usaha untuk meningkatkan penjualan dan kualitas penerimaan pesanan.

2    =      Mengembangkan produk lain untuk meningkatkan penjualan.

Berdasarkan hasil penjumlahan nilai daya tarik total, maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang akan dijalankan oleh PT. Tokowish adalah strategi 1, yaitu “Membangun sistem E-Commerce b2b untuk penjualan dan penerimaan pesanan untuk mendukung proses bisnis berjalan perusahaan sebagai usaha untuk meningkatkan penjualan dan kualitas penerimaan pesanan” karena memiliki nilai daya tarik total yang lebih besar daripada strategi

2. Perancangan

Berikut ini beberapa fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan PT. Tokowish yang dibagi berdasarkan pengguna, yaitu:

  • Admin :
  • Tentukan banner image slider untuk media promosi
  • Tentukan 3 Promosi Produk pada halaman utama
  • Add, Update, Delete Produk termasuk qty stok
  • Terdapat notifikasi pesanan baru dan pelanggan baru
  • Mengecek status pembayaran pesanan
  • Mengecek status penerimaan pesanan
  • Membuat Laporan Penjualan
  • Calon Pelanggan :
  • Melihat Profil Perusahaan
  • Melihat FAQ dan Agreement
  • Melakukan Pendaftaran menjadi Pelanggan
  • Contact E-Mail perusahaan
  • Pelanggan :
  • Ubah Data Pelanggan
  • Pencarian Produk
  • Melihat produk dan detail produk
  • Memasukan produk beserta qty kedalam keranjang belanja (Cart)
  • Melakukan pemilihan Metode Pembayaran
  • Melakukan konfirmasi pembayaran
  • Mendapatkan Nota Pembayaran
  • Melakukan konfirmasi penerimaan produk
  • Chat dan nego
Joni Suhartono