School of Information Systems

PERMASALAHAN KEGIATAN PERSEDIAAN DAN PEMBELIAN PADA PT.GRIYARONA ANDALAN PRATAMA

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini,banyak perusahaan yang menyadari bahwa teknologi informasi seperti Data warehouse sangat bermanfaat bagi perusahaan. Data yang dimiliki perusahaan harus digunakan sebaik mungkin untuk menciptakan sebuah inovasi guna mencapai keberhasilan perusahaan dalam pencapaian target. Data warehouse menjadi sebuah pilihan bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja proses bisnis perusahaan sehingga mampu menghadapi persaingan bisnis dengan perusahaan atau kompetitor lainnya.

Data warehouse merupakan teknologi informasi yang terkenal dan sudah banyak digunakan oleh terutama perusahaan yang sudah menerapkan sistem yang berbasis data, karena Data warehouse merupakan sekelompok data yang diproduksi untuk mendukung pembuatan keputusan juga merupakan tempat penyimpanan saat ini dan data historis dari potensi ketertarikan manajer perusahaan. Data warehouse ini dapat membantu manajer dalam penentuan kebijakan agar dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan cepat berdasarkan dengan hasil analisa data dan informasi yang ada.

Dengan menggunakan Data warehouse, perusahaan mendapatkan keuntungan-keuntungan strategis seperti penyediaan kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan kinerja yang efektif, sehingga prosesnya lebih singkat dan akurat. Hal ini terjadi karena Data warehouse mampu mengelolah data dan menampung data dalam jumlah banyak sehingga data yang dihasilkan cepat. Data warehouse didesain untuk dapat melakukan analisis secara tepat dan cepat. Informasi diturunkan dari setiap data yang ada dilakukan rolling up untuk dijadikan ringkasan untuk melakukan operasi drilling down sehingga perusahaan mendapatkan informasi lebih detail dan akurat.

Menurut W.H. Inmon dan Richard D.H., (“Data Warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi, time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management”)yang artinya Data Warehouse mengkombinasikan teknologi yang memfasilitasi organisasi dalam mengelola dan memelihara data historis yang diperoleh dari sistem atau aplikasi operasional. Pemakaian teknologi Data Warehouse dengan mengintegrasi berbagai data dari berbagai macam aplikasi atau sistem untuk dijadikan ke dalam satu gudang data dan hasilnya akan digunakan untuk kebutuhan analisa oleh manajer untuk pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi.

Perusahaan yang kami gunakan adalah PT.Griyarona Andalan Pratama yang bergerak di bidang konstruksi bangunan. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berfokus pada pembangunan rumah, kantor dan bangunan tingkat tinggi seperti hotel, apartemen, hotel, dan lainnya. Setiap data yang di dapatkan berupa jumlah barang, nama barang dan lainnya akan dicatat dengan manual terlebih dahulu, lalu di laporkan setiap harinya, hal tersebut dilakukan karena setiap pekerja yang ada di lapangan memiliki tanggung jawab terhadap material-material yang ada di tempat tersebut dan menghindari adanya kecurangan/kehilangan dalam proyek tersebut. Kemudian data tersebut di input oleh admin ke dalam databaselalu dibuatkan laporan pada setiap bulannya hingga proyek tersebut selesai.

Pada pengelolaan data tersebut masih tidak optimal, karena masih sulit  dalam pencarian data dan analisa data yang dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi atau pembuatan keputusan. Oleh karena itu Data warehouse merupakan hal yang sangat penting untuk perusahaan ini. Dengan adanya Data warehouse akan mempermudah dalam menganalisa data dan pencarian data yang dibutuhkan pada setiap kebutuhan perusahaan. Keamanan data juga menjadi salah satu hal yang sangat penting dikarenakan data yang ada berisikan informasi-informasi yang sangat penting dan rahasia, sehingga tidak boleh sampai jatuh ke tangan orang lain ataupun perusahaan lain yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.Kami sudah melakukan observasi dan mewawancarai direktur perusahaan dan kami melihat integrasi data di perusahaan tersebut masih jauh dari harapan.

Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini yang pesat, Kami menawarkan untuk perusahaan ini agar menggunakan Data warehouse dalam pengelolaan datanya dan kami menerangkan efektifnya dan keuntungannya jika menggunakan Data warehouse bagi perusahaan yang dikategorikan cukup besar. Kurangnya pengetahuan tentang Data warehouse membuat perusahaan sering sekali membuat keputusan yang salah dan pengelolaan data yang tidak baik, Hal tersebut cukup menganggu dalam berjalannya proses bisnis perusahaan sehari-hari terlebih lagi pada saat ingin membuat sebuah inovasi baru atau sebuah keputusan yang cukup sulit dikarenakan keputusan tersebut memiliki resiko. Inilah yang melatarbelakangi kelompok kami untuk memilih judul skripsi “DATA WAREHOUSE KEGIATAN PERSEDIAAN DAN PEMBELIAN PADA  PT. GRIYARONA ANDALAN  PRATAMA”.

Evaristus Didik Madyatmadja, ST., M.Kom., M.T