School of Information Systems

Mengulas kegunaan Virtual Reality

Ada yang tahu apa itu Virtual Reality, yuk coba kita cari tahu apa itu virtual reality

merupakan sebuah inovasi teknologi terbaru yang dikembangkan untuk memungkinkan seseorang melakukan suatu interaksi nyata terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D atau gambar berbentuk berhologram.

Teknologi canggih ini mampu memberikan sebuah pengalaman baru serta menyenangkan bagi penggunanya, karena pengguna seolah-olah bisa menyentuh objek tersebut secara langsung.

Jadi kesimpulannya , VR adalah sebuah tampilan gambar 3 dimensi yang diciptakan secara nyata dengan bantuan beberapa perangkat tertentu
Dengan teknologi ini, pengguna juga dapat merasakan berada dunia nyata, padahal sebenarnya mereka hanya berada di dunia virtual atau dunia maya.

Untuk mendukung jalannya teknologi Virtual Reality ini, biasanya customer juga bisa menggunakan beberapa perangkat canggih yang dapat menunjang penggunaan lebih baik  berupa helm atau kacamata, headset, sarung tangan dan walker.

Biasanya VR tidak hanya digunakan untuk perangkat pendukung bermain game saja, saat ini beberapa negara sudah menggunakan VR sebagai alat simulasi bagi para parlemennya terutama bidang kedokteran, bidang kemiliteran, bidang penerbangan dan bidang – bidang lainnya.

Pada bidang kedokteran, VR biasanya digunakan untuk menjelaskan bagian – bagian anatomi tubuh sehingga organ-organ dalam tubuh tampak terlihat lebih nyata dan jelas.

Sedangkan pada bidang penerbangan, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi penerbangan bagi para pilot – pilot baru serta pelajar penerbangan untuk mengetahui bagaimana sisi nyata dari penerbangan yang meliputi cara mengendalikan si burung besi, kondisi bagaimana menghadapi beberapa cuaca, cara berkomunikasi dengan pesawat lain atau dengan bandara serta bagaimana mengatasi beberapa keadaan darurat saat menerbangkan burung besi.

Hal ini bertujuan agar pilot – pilot baru dapat lebih terbiasa dan mengenal berbagai medan serta situasi sehingga akan lebih mendapatkan pengalaman yang cukup jika suatu saat pilot menerbangkan pesawat terbang yang sebenarnya.

kemudian pada bidang kemiliteran, VR digunakan sebagai simulasi perang kala menghadapi musuh atau teroris. Para tentara akan merasakan situasi di medan pertempuran yang terlihat secara nyata.

Cara ini dipilih karena cukup efektif dalam mengadakan beberapa simulasi sehingga lebih hemat biaya dibandingkan dengan latihan yang sebenarnya.
Tidak hanya itu saja, saat ini banyak perusahan-perusahan teknologi yang berlomba lomba menciptakan Virtual Reality semakin baik dan semakin berkembang.

Sugiarto Hartono