School of Information Systems

ERP Open Source Software : ERP Next

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai software ERP open source yang bernama ERP Next.

ERP Next adalah sebuah open source software ERP, dan merupakan aplikasi berbasis web untuk usaha kecil dan menengah untuk membantu mengelola inventori, penjualan, pembelian, administrasi, proyek, akuntansi, data pelanggan dan website.

Dalam software ini, saat pertama kali ingin mengakses, user harus membuat account terlebih dahulu dan setelah account dibuat kita akan diberikan domain berdasarkan id kita masing masing. Setelah itu akan diminta login seperti biasa untuk mengakses menu dari ERPNext. Setelah login berhasil akan diminta untuk melakukan pemilihan bisnis ERP, apakah education, distribution, manufaktur, retail, atau service.

Gambar 1 : Pilihan business nature dalam software ERPNext

Jika sudah memilih maka akan keluar tampilan home dari ERPnext yaitu sebagai berikut:

Gambar 2 : Tampilan Home ERPNext untuk business nature “Education”

Kelebihan yang ditawarkan oleh ERPNext adalah User Interface yang fleksible karena bisa diganti sesuai keinginan, memiliki susunan yang simple serta mudah digunakan, dapat memilih jenis perusahaan di awal dan sistem akan menentukan secara otomatis fitur apa yang terdapat di sistem nantinya, dan dapat set value di awal sehingga lebih memudahkan kita dalam melakukan kegiatan. Aplikasi ERPNext juga menyediakan versi mobile application dan bisa diunduh pengguna via Google PlayStore.

Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI