School of Information Systems

SYSTEM TESTING

Dalam sistem pengujian perilaku seluruh sistem / produk diuji seperti yang didefinisikan oleh lingkup proyek pembangunan atau produk.

  • Ini mungkin termasuk tes berdasarkan risiko dan / atau spesifikasi kebutuhan, proses bisnis, kasus penggunaan, atau deskripsi tingkat tinggi lainnya dari perilaku sistem, interaksi dengan sistem operasi, dan sumber daya sistem.
  • Pengujian sistem yang paling sering ujian akhir untuk memverifikasi bahwa sistem yang akan disampaikan memenuhi spesifikasi dan tujuannya.
  • Pengujian sistem dilakukan oleh spesialis penguji atau penguji independen.
  • pengujian Sistem harus menyelidiki persyaratan fungsional dan non-fungsional dari pengujian.

Dalam dunia pengujian perangkat lunak, pengujian sistem adalah pengujian produk perangkat lunak yang lengkap dan terintegrasi.

Biasanya software ini hanya salah satu elemen dari sistem berbasis komputer yang lebih besar. Pada akhirnya, software dihubungkan dengan sistem software / hardware lainnya. pengujian sistem sebenarnya serangkaian tes yang berbeda yang tujuan utamanya adalah untuk melatih sistem berbasis komputer penuh.

pengujian sistem jatuh di bawah kategori pengujian kotak hitam pengujian perangkat lunak. pengujian kotak putih adalah pengujian kerja internal atau kode dari aplikasi perangkat lunak. Sebaliknya, kotak hitam atau pengujian sistem adalah pengujian opposite.System melibatkan kerja eksternal dari perangkat lunak dari perspektif pengguna.

verifikasi dalam Testing System

pengujian sistem melibatkan pengujian kode software untuk berikut

  • Pengujian aplikasi terintegrasi termasuk periferal eksternal untuk memeriksa bagaimana komponen berinteraksi satu sama lain dan dengan sistem secara keseluruhan. Ini juga disebut End to End pengujian skenario ..
  • Pastikan pengujian menyeluruh dari setiap masukan dalam aplikasi untuk memeriksa output yang diinginkan.
  • Pengujian pengalaman pengguna dengan aplikasi tersebut. .

Itu adalah deskripsi yang sangat dasar tentang apa yang terlibat dalam pengujian sistem. Anda perlu membangun test case secara rinci dan test suite yang menguji setiap aspek dari aplikasi seperti yang terlihat dari luar tanpa melihat kode sumber yang sebenarnya.

Hierarchy Pengujian Perangkat Lunak

Seperti hampir semua proses teknis, pengujian perangkat lunak memiliki urutan yang ditentukan di mana hal-hal yang harus dilakukan. Berikut ini adalah daftar kategori pengujian perangkat lunak yang disusun secara kronologis. Ini adalah langkah-langkah yang diambil untuk sepenuhnya menguji software baru dalam persiapan untuk memasarkannya:

  • Unit testing – pengujian dilakukan pada setiap modul atau blok kode selama pengembangan. Unit testing biasanya dilakukan oleh programmer yang menulis kode.
  • Integration test- pengujian dilakukan sebelum, selama dan setelah integrasi modul baru ke dalam paket perangkat lunak utama. Ini melibatkan pengujian dari setiap modul kode individu. Salah satu bagian dari perangkat lunak dapat berisi beberapa modul yang sering dibuat oleh beberapa programmer yang berbeda. Hal ini penting untuk menguji efek masing-masing modul pada model seluruh program.
  • system testing – pengujian yang dilakukan oleh agen pengujian profesional pada produk perangkat lunak selesai sebelum diperkenalkan ke pasar.
  • acceptance testing – pengujian beta dari produk yang dilakukan oleh pengguna akhir yang sebenarnya.

Sumber :

http://istqbexamcertification.com/what-is-system-testing/

http://www.guru99.com/system-testing.html

JONI SUHARTONO