School of Information Systems

Axure Tutorial: Get Advanced with Axure using Dynamic Panel

Dynamic Panel adalah salah satu tools andalan dari program Axure, tools ini sangat membantu dalam perancangan prototype aplikasi web maupun mobile yang menekankan fokus desain yang interaktif. Dynamic panel membantu untuk memberikan interaksi-interaksi di area yang diinginkan di dalam prototype ataupun mockup dari suatu aplikasi web maupun mobile.

Konsep Dynamic panel di dalam axure mirip seperti dengan konsep layer di photoshop yang dimana nantinya Dynamic panel bisa memiliki banyak widget maupun panel/state di dalamnya

Kapan sebaiknya Dynamic panel digunakan ?

Dynamic panel sangat baik digunakan ketika kita ingin membuat beberapa interaksi dalam suatu widget dengan Dynamic panel kita dapat menyusun beberapa interaksi tersebut dengan mudah.

ar1

Di dalam aplikasi axure dynamic panel terdapat didalam widget library (Gambar1) dan di simbolkan dengan icon pada (Gambar 2). Selain itu ada acara lain untuk menggunakan dynamic panel dalam axure yaitu dengan cara memilih widget yang ingin dijadikan dynamic panel dan lalu klik kanan dan pilih convert to dynamic panel.

ar2

Berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan Dynamic panel di dalam axure

  1. Tab Control

Tab control adalah salah satu contoh dari penggunaan dynamic panel. Fungsi dari tab Control ini adalah untuk medesain menu dengan beberapa tab didalamnya. Tutorial pembuatan tab control bisa di dilihat disini.

ar32. Flyout Menu

Flyout Menu merupakan salah satu contoh penggunaan dynamic panel. Fungsi dari Flyout Menu sendiri adalah untuk menampilkan submenu yang berada di menu utama. Tutorial pembuatan Flyout menu sendiri bisa dilihat disini.

ar43. Accordion Control

Accordion Control merupakan salah satu contoh penggunaan dynamic panel. Fungsi dari Accordion Control sendiri adalah untuk membuat suatu menu yang bisa di expand maupun di collapse. Tutorial pembuatan Accordion Control sendiri bisa dilihat disini.

ar54. Auto Rotating Banner

Auto Rotating Banner merupakan salah satu contoh penggunaan dynamic panel. Fungsi dari Auto Rotating Banner sendiri adalah untuk membuat suatu gallery slideshow otomatis Tutorial pembuatan Auto Rotating Banner sendiri bisa dilihat disini.

Arilla Nurmoslim