School of Information Systems

Decision right accountability dan Archetype

Decision Right accountability adalah merupakan suatu framework yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan, dan bagaimana keputusan tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

Mengapa Kesesuaian antara Decision dengan archetypes ini penting?

Karena dengan menyamakan archetypes dengan key security decisions ini, Direksi perusahaan dapat menempatkan keputusan di tangan yang mengerti tentang IS Security ini sehingga hasil keputusan nya akan jauh lebih baik. Selain itu pengambil keputusan memiliki kekuasaan penuh terhadap keputusan yang akan diambil, yang sesuai dengan posisi-nya, sehingga bisa memanfaatkan keahlian dan pengetahuan sehingga dapat melayani kebutuhan dan spesialisasi organisasi unit dimana mereka dibutuhkan. Kesesuaian yang baik antara archetypes dengan keputusan akan membantu mengurangi / mencegah kesalahan yang sebelumnya sudah saya jelaskan diatas.

 

Bagaimana  DECISION MAKING MECHANISM

Descision making mechanism adalah mekanisme yang digunakan untuk membuat suatu keputusan dalam keadaan tertentu dimana ada factor policy/kebijakan tertentu yang akan menjadi panduan dalam mekansime pembuatan keputusan dalam suatu keadaan tertentu, polcy/ kebijakan tersebut memiliki banyak penangulangan dalam berbagai kondisi-kondisi yang ada.

1

Gambar : IS Design rights accountability gap